Selasa, 04 Oktober 2011

TNI-AU Tetap Ingin Terima Hibah F-16


F-16C Block 32

JAKARTA - Terkait tawaran Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menghibahkan pesawat tempur F-16, TNI AU dan pemerintah ingin menerimanya. Namun, DPR cenderung untuk membeli pesawat F-16 baru yang lebih canggih.

"Yang diinginkan TNI AU dan Pemerintah adalah kita menerima hibah 30 pesawat F-16 dari AS itu. Nantinya, kemampuan 24 pesawat akan ditingkatkan menjadi blok 32 dan enam lainnya untuk cadangan," kata KASAU, Marsekal Imam Sufaat, Senin (3/10) dalam konferensi pers di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.

Imam mengatakan, dalam pertemuan terakhir dengan DPR dan Pemerintah belum dicapai kata sepakat. Rapat yang membahas perkembangan rencana hibah pesawat F-16 bekas dari pemerintah AS itu pernah digelar pada 21 September lalu.

Menurut Imam, dari segi efektivitas dan efisiensi, upgrade ke blok 52 (seperti yang diusulkan DPR) akan memakan biaya yang sangat tinggi. Untuk itu pilihan yang lebih baik adalah melakukan peningkatan kemampuan F-16 hibah ke blok 32.

Dari segi biaya, Imam memaparkan, harga satu skuadron pesawat F-16 blok 52 mencapai sekitar 1,6 miliar dollar AS. Sedangkan harga enam pesawat sejenis ditawarkan Lockheed Martin sebesar 720 juta dollar. "Padahal anggaran yang disediakan hanya 430 juta dollar AS", kata KASAU.

Menurut wakil ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanuddin, dalam rapat internal fraksi-fraksi di DPR disimpulkan, dalam rencana strategis jangka pendek yang dimulai pada APBN tahun 2011, Kementrian Pertahanan dengan persetujuan Komisi I DPR memprogramkan pembelian enam pesawat tempur F-16 baru.

Anggarannya dialokasikan 430 juta dollar AS. Alasannya, agar kehadiran pesawat tempur itu bisa menjadi efek gentar dan daya tangkal yang cukup untuk menggantikan F-16 lama.

Sebaliknya, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menuturkan rencana awal TNI AU memang membeli enam pesawat F-16 baru. Namun, sejak ada tawaran dari Pemerintah AS, TNI AU memikirkan ada baiknya anggaran yang disediakan dipakai untuk meningkatkan pesawat hibah ke blok 32.

Sumber : KOMPAS

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes