Selasa, 11 Oktober 2011

Russian T-80U/UM/UM1/UM2 Main Battle Tank, Bag. 2





T-80U Main Battle Tank

T-80U MBT

T-80 muncul sebagai model produksi pada 1984, mempertahankan fitur dasar dari seri T-64 (termasuk meriam 125mm smoothbore dengan autoloader. Inovasi utama yang dilakukan adala penggunaan mesin gas turbin, yang meningkatkan kecepatan dan kekuatan, dan merupakan tank pertama yang memakai rangefinder laser yang meningkatkan kinerja control penembakan. T-80 menggabungkan fitur dasar baik milik T-64 dan T-72, terutama di persenjataan. Perbedaan yang paling kentara jika dibandingkan dengan T-72 standar adalah pemasangan skirt samping dan 12 launcher granat yang terpasang di turret, tujuh di sisi kiri dan lima di sisi kanan.


Firepower
T-80U(M) merupakan tank produksi Soviet pertama yang memakai range finder laser dan sistem computer balistik. Sistem penglihatan malam original adalah Il Buran-PA (800-1300 meter). Senapan Mesin 12.7-mm MG NSVT memiliki dua pembidik yang dijalankan secara elektornik (remote) PZU-5 dan K10-T reflex sight yang terpasang di senapan. Mode penglihatan malam tidak dapat digunakan untuk meluncurkan ATGM. Penglihatan siang dapat digunakan untuk menembakkan ATGM di malam hari jika target illuminated (berpendar, bercahaya, disinari). Berbagai macam penjejak termal tersedia, termasuk Agava-2 buatan Rusia, ALIS produksi SAGEM Perancis dan penjejak Namut dari Peleng. Penjejak termal tersedia untuk dipasang yang sehingga tank mampu meluncurkan ATGM di malam hari.

T-80U membawa sistem misil (peluru) kendali anti-tank 9M119 Refleks (NATO: AT-11 Sniper) yang ditembakkan melalui meriam utama. Jarak tembak misil ini 100-4.000 m. Sistem ini diperuntukkan untuk menembak sasaran tank yang memakai ERA (Lapis baja Reaktif-Eksplosif) dan juga target udara rendah seperti helicopter dengan jarak hingga 5km. Sistem misil ini menembakkan misil 9M119 dan 9M119M, yang memiliki kendali sinar laser semi-otomatis.


T-80 yang sedang menembak


T-80U (dan model selanjutnya) memakai meriam utama 125mm 2A46M-1/2A46M-4 smoothbore, walaupun sistem kontorl penembakannya merupakan peningkatan dari tank sebelumnya. Meriam 125 mm ini menembakkan amunisi APFSDS, HEAT, dan HEF, serta sanggup membawa 45 amunisi (dari total tersebut, 28 disimpan di carousel auto-loader), dengan sasaran maksimal 3,000 - 4,000 meter (tergantung pada tipe amunisi), dengan kecepatan tembak 6 hingga 8 per menit. Pengisian amunisi dilakukan dengan cara hydro-mekanis dengan container carousel berkapasitas 28 amunisi.

Meriam utama 125 mm ini juga dapat menembakkan 9M119M "Refleks-M" (AT-11 Sniper-B) ATGM, dengan jarak 5.000 m.


Proteksi
T-80U memiliki lapis baja komposit canggih di bagian depan dan samping, dan bagian depan, samping dan atas di belakang Kontakt-5 ERA (T-80U, U(M), UK) atau Arena APS (T-80UM1). Pilihan modernisasi untuk T-80U MBT (contoh paling terkenal adalah T-80UM1 "Bars" (Snow Leopard)) termasuk pemasangan purwarupa Arena APS, Shtora-1 EOCMDAS atau komponennya, meriam utama 2A46-M4 yang diupgrade, mesin GTD-1250G, dan pemasangan sebuah AC.


Kontakt-5 adalah lapis baja reaktif-eksplosif generasi ketiga milik Rusia. Ini merupakan tipe pertama ERA yang dapat mengalahkan amunisi APFSDS modern. Dikenalkan dalam T-80U pada 1985, Kontakt-5 dibuat dalam bentuk batu bata dari bahan eksplosif yang di"sandwiched" di antara dua plat metal. Plat-plat metal ini disusun sedemikian rupa untuk bergerak ke samping dengan cepat ketika bahan eksplosif terdetonas. Hal ini akan menekan penetrator-KE (Energi Kinetik) atau "shaped charge jet" sehingga mengurangi kerusakan. Penetrator-KE juga akan terkena gaya gerak ke samping yang sangat kuat, yang cukup untuk menghancurkan batang amunisi (rod) menjadi dua atau lebih. Hal ini akan mengurangi kemampuan penetrasi penetrator-KE secara signifikan. Countermeasure lain termasuk "quieter running", turbun gas yang mengeluarjan gas tanpa asap, isolator panas yang lebih baik pada atap dan palka, ventilasi sistem transmisi-mesin dan sistem penembakan asap.


Mobilitas
T-80 adalah tank operasional milik Soviet pertama yang memakai mesin gas-turbin yang menghasilkan 1.100 hp. Jarak antar roda (road wheel) tank tidak sama, dengan jarak berbeda di antara ketiga pasang roda. Untuk menambah jarak operasional T-80, tangki bahan bakar tambahan dipasang di bagian belakang hull. Yang bisa dilepas dengan cepat jika diperlukan. Sebuah container sirkular yang terpasang di bagian belakang turret membawa dua snorkel untuk operasi penyeberangan air dalam.


T-80U mempunyai mobilitas tinggi, menjadikannya salah satu MBT tercepat di dunia


T-80U menggunakan mesin gas turbin GTD-1250. Mesin satu langkah di depan mesin sebelumnya GTD-1000T dan GTD-1000TF yang digunakan oleh T-80 seri sebelumnya. Mesin gas turbin ini dapat memakai bahan bakar jet, sama baiknya dengan memakai diesel dan gasoline oktan-rendah. Mesin ini memiliki stabilitas dinamis, service life dan reliabilitas yang baik. Mesin gas-turbin GTD-1250 sistem otomatis built-in untuk menghilangkan tumpukan debu.

Mesin terbaru - GTD-1250G – juga memiliki vitur mekanisme "hydro volume turning" yang mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 9% ketika meningkatkan kecepatan rata-rata 29%.

Diterjemahkan secara bebas dari: http://fprado.com
Juga diposting pada 23 November 2009 di www.bluefame.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes