Senin, 10 Oktober 2011

Russian T-80U/UM/UM1/UM2 Main Battle Tank, Bag. 1

Pendahuluan:

Pengembangan MBT T-80 dimulai sejak era Soviet, dan mulai beroperasi pada 1976. T-80 adalah tank versi produksi pertama yang dilengkapi dengan mesin gas turbin. Awalnya, Pihak Barat menganggap tank ini adalah T-72, karena keduanya terlihat sama, tetapi sebenarnya mereka berbeda.


T-72 (kiri) dan T-80 (kanan). Analis Barat dibingungkan oleh keduanya, tetapi sebenarnya T-80 sedikit berbeda.

Sebenarnya, kedua tank ini diproduksi oleh dua biro desain yang berbeda: T-80 oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau di Kharkiv, Ukraine, dan T-72 oleh Uralvagonzavod (Dzierzhinsky Ural Railroad Car Works) - UVZ, di Nizhny Tagil, Russia. Keduanya hanya mirip dari penampilannya saja.

Dua Generasi dari MBT T-80: Kiri T-80B dan kanan T-84 baru

T-80 adalah turunan langsung dari T-64, yang MBT teknologi tinggi yang didesain oleh Biro Desain Tank di Kharkiv yeng merevolusi konsep tank Soviet. Konsep desain tank baru ini dikembangkan di bawah kepemimpinan Aleksandr A. Morozov, dan T-64 menjadi MBT pertama dari generasi baru tank desain-Soviet. T-64 merupakan tank pertama di dunia yang menggunakan pengisian amunisi otomatis, yang membuatnya hanya membutuhkan 3 orang awak saja: komandan, penembak dan pengemudi.

T-64 menjadi landmark bagi sejarah pengembangan tank di Uni Soviet, karena semua tank seri-T Soviet yang beroperasi setelah T-64 (terutama T-80, T-80U dan pengembangan selanjutnya) dipengaruhi oleh konsep awal yang dikenalkan pada desain tang T-64.

Tidak seperti T-72, T-64 hanya digunakan oleh angkatan bersenjata Uni Soviet dan tidak pernah diekspor. T-64 lebih superior dari T-72 dalam berbagai hal, sampai diperkenalkannya model T-72B pada 1985. Kedua Tank dipakai oleh formasi elite dan regular di Eropa Timur dan diberbagai Negara. Model T-64A pertamakali di dipakai oleh East Germany's Group of Soviet Forces in Germany (GSFG) pada 1976 dan kemudian oleh in Hungary's Southern Group of Forces (SFG).

Dari 1981 T-64B mulai diluncurkan di Jerman Timur dan kemudian di Hungaria. Sementara dipercaya bahwa T-64 hanya digunakan untuk unit elite, tetapi tank ini juga dipakai oleh fomasi "non-ready" yang berkasta lebih rendah, sebagai contoh Odessa Military District's 14th Army. T-72 mempunyai sejarah pemakaian yang similar, dipakai oleh formasi berkesiapan tinggi di seluruh Distrik Militer Barat (Rogachev Guards Motorized Rifle Division in the Belarus MD and Iron Division's Motorized Rifle Division in the Carpathian MD) dan Eropa Timur (Central Group of Forces in Czechoslovakia), serta dipakai juga oleh formasi dengan kesiapan lebih rendah di Distrik Militer Transbaikal dan Asia-Tengah sejak akhir 1980an.

T-64A merupakan pengembangan lanjut dari T-64 dengan pemasangan meriam utama smoothbore 125mm (1969), pengembangan system mesin dan gigi gerak mesin. T-64B merupakan pengembangan dari T-64A dengan pemakaian system kontrol penembakan yang lebih canggih, stabilizer persenjataan, sistem misil kendali (peluru kendali), peningkatan level perlindungan dan lain-lain. T-64BV mempunyai semua pengembangan itu ditambah perlindungan anti-radiasi canggih dan penambahan lapis baja reaktif-eksplosif.

Dari kiri ke kanan: T-64A, T-64B dan T-64BV.

Fitur canggih lainnya termasuk proteksi multi-layer canggih, sistem proteksi NBC, layout baru kompartemen "power pack", control penembakan otomatis yang lebih canggih dan kemampuan peluncuran/penembakan misil seperti T-64B di 1976. Semua inovasi tadi dipasang pada T-80, termasuk lapis baja komposit mahal.

Corak ini berlanjut pada T-80. Biro Morozov mengembangkan desain sebelumnya dengan mengenalkan mesin gas turbin yang mampu menghasilkan 1.000 tenaga kuda di model originalnya. Mesin ini memberikan rasio tenaga-ke-berat yang tinggi dan membuatnya menjadi salah satu tank dengan mobilitas terbaik di dunia, yang kemudian membuatnya dijuluki "flying tank". Pada varian T-80 selanjutnya, mesin turbin gas digantikan oleh mesin diesel untuk mengurangi biaya perawatan. Antara 1976 hingga sekarang, T—80 telah mengalami berbagai modifikasi termasuk T-80, T-80B, T-80U (U merupakan Y dalam alphabet cyrilic yang berarti "improved (dikembangkan)), dan T-80UD (D berarti mesin diesel).


T-80 MAIN BATTLE TANK: VARIANTS

T-80B (kiri), T-80UM (tengah), and T-80UK (kanan) Main Battle Tanks.

T-80 – Model produksi sama yang, merupakan sebuah T-64 yang dilengkapi dengan mesin gas turbin GDT-1000 yang menghasilkan 1,100 hp (820 kW)
T-80B – Dengan lapis baja keramik baru.
T-80BV – Dengan lapis baja reaktif-eksplosif.
T-80U (1985) – Turret baru. Penambahan ATGM AT-11 Sniper. Mesin GTD-1250 dengan tenaga 1,250 hp (930 kW). Dan penambahan lapis baja reaktif-eksplosif Kontakt-5.
T-80UD – Versi mesin-diesel Ukraina dengan mesin 6TD bertenaga 1,000 hp (750 kW (diekspor kePakistan).
T-80UK, T-80UDK – Versi komando dari T-80U, dilengkapi dengan Shtora Electro-optical countermeasures system.
T-80UM – Versi Rusia, dengan penjejak termal Buran baru bersama dengan Luna IR.
T-80UM1 "Bars" (Snow Leopard) – Purwarupa Rusia dengan sistem countermeasures Arena baru, upgrade dengan meriam utama 2A46-M4, dan mesin GTD-1250G.
T-80UM2 "Chiorny Oriol" (Black Eagle) – Purwarupa Rusia dengan Turret baru yang memisahkan antara awak dengan kompartemen amunisis, panel blow-out di kompartemen amunisi, autoloader baru, Kaktus ERA, sistem penargetan baru, extended hull dengan roda jalan tambahan, dan pengembangan lain yang dirahasiakan
T-84 – Pengembangan oleh Ukraina dari T-80UD.
T-84 Oplot – Pengembangan oleh Ukraina, berdasarkan T-80UD, dengan fitur canggih seperti: all-welded turret baru; generasi baru lapis baja reaktif-eksplosif yang meningkatkan perlindungan terhadap serangan frontak kinetic maupun kimiawi; penjejak imaging termal; dan mesin 1,200 hp.
T-84 Yatagan – Pengembangan lanjut oleh Ukraina, berdasarkan MBT T-84 Oplot, dilengkapi dengan meriam smoothbore 120mm yang kompatibel dengan amunisi NATO 120 mm, yang didukung dengan loader otomatis "bustle-mounted".

Diterjemahkan secara bebas dari: http://fprado.com
Diposting juga pada 18 November 2009 di: www.bluefame.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes