Rabu, 12 Oktober 2011

Russian T-80U/UM/UM1/UM2 Main Battle Tank, Bag. 4

T-80UD Main Battle Tank


MBT T-80UD

MBT T-80UD didesain oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau - KMBD pada awal tahun 1980an dan mulai diproduksi di State Enterprise Malyshev Plant pada 1985. KMBD adalah perusahaan milik Negara yang berlokasi di Kharkiv, Ukraina, yang telah mendesain banyak tank terkenal Soviet. Perusahaan ini bertanggung jawab untuk banyak desain tank terkrnal Soviet termasuk seri tank BT, T-34, T-55 dan T-64. Kemudian perusaan ini memproduksi tank canggih berkualitas setelah T-64 seperti T-80 dan variannya. Dan kemudian memproduksi MBT seri T-84.



Firepower

T-80UD dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan canggih, dan baik komandan tank maupun penembak dapat mengatur dan menembakkan meriam utama ke arah target diam maupun bergerak pada saat tank diam maupun bergerak dengan kemungkinan tinggi tembakan pertama mengenai sasaran.

Sistem pengamat dan observasi PNK-4S milik komandan tank terdiri dari kombinasi penglihatan siang/malam dan sensor posisi meriam TKN-4S. Sistem kombinasi TKN-4S distabilkan secara vertikal dan mempunyai 3 saluran: sebuah saluran penglihatan siang, saluran penglihatan siang dengan pembesara n 8x dan saluran penglihatan malam dengan pembesaran 8x.

Sistem pengamatan Penembak 1G46 mempunyai dua poros garis pandang tersabilisasi, serta mempunyai pelacak-jarak laser dan kemampuan pengendali misil. Pada versi standar, penembak mempunyai sistem pengamatan TO1-KO1E dengan sistem intensifikasi gambar TPN-4E, tetapi sebagai opsi sistem pencitraan termal Buran-Catherine-E dapat dipasang.

Komputer balistik 1V528-1 secara otomatis memperhitungkan semua data dari sensor-sensor termasuk kecepatan tank, kecepatan target angular, gun trunnion axis cant, kecepatan angin haluan, jarak target dan sudut lintasan. Sebagai tambahan, parameter berikut diinput secara manual: temperatur udara sekitar, temperatur beban dan tekanan udara sekitar laras meriam dan lain-lain. Komputer juga memperhitungkan kapan waktu fagmentasi proyektil berdaya ledak tinggi yang dikontrol detonasi harus diledakkan pada target.

Persenjataan utama terdiri dari sebuah meriam smoothbore KBA3 125mm yang didukung oleh pengisi amunisi otomatis tipe-karosel dan dilengkapi dengan dengan sebuah pelindung termal (thermal sleeve) dan ekstraktor asap (bore evacuator). Meriam utama tank ini mempunyai laras pengganti-cepat yang dapat diganti di medan perang tanpa melepas meriam dari tank. Meriam ini dipasang pada MBT milik KMBD, T-84 Oplot dan T-80UD. Berat meriam mencapai 2.500 kg dan kecepatan proyektil 1.700 m/s ketika menembakkan 3VBM17 “Mango” APFSDS.

T-80UD membawa 45 amunisi dua-bagian (proyektil dan muatan), yang 28 di antaranya diletakkan pada pengisi amunisi otomatis, dan sisanya disimpan di ruang pengemudi dan kompartemen serang. Tipe amunisi yang dapat ditembakkan oleh tank ini termasuk APFSDS (armor-piercing stabilized discarding sabot), HEAT (high explosive anti-tank), HE-FRAG (high explosive fragmentation) dan 9M119M "Refleks-M" (AT-11 Sniper-B).

Fungsi sistem 9M119M "Refleks-M" adalah untuk membuat meriam utama dapat menembakkan misil berpemandu laser dengan jarak maksimal 5.000 m. Misil ini terdiri dari dua bagian. Misil dapat ditembakkan ketika tank maupun target bergerak. Hulu ledak tandem membuat misil dapat menembus target yang dilengkapi dengan lapis baja reaktif-eksplosif dengan derajat efisiensi tinggi. Walaupun funsgi utama misl adalah untuk target tank maupun kendaraan lapis baja lain yang jaraknya diluar jarak efektif amunisi konvensional, misil ini juga dapat ditembakkan ke target lain seperti helikopter dan lubang-lubang perlindungan.

Disamping meriam utama, T-80UD juga dilengkapi dengan senapan mesin koaksial 7,62mm dan senapan mesin anti-pesawat 12,7mm. Senapan mesin anti-pesawat ini dipasang di kubah komandan dan dapat dipakai untuk sasaran udara maupun darat. Senapan mesin dapat dinaik-turunkan -5° to +70° dan diputar 75° ke kanan-kiri, atau dapat diputar +360° bersamaan dengan kubah tank. Senapan mesin dipasangi dengan sistem stabilisasi vertikal yang memberikan stabilitas pada jarak sudut vertikal -3° hingga +20°.


Proteksi

Proteksi lapis baja T-80UD, yang terdiri dari lapis baja multi-lapis canggih dan paket lapis baja reaktif-eksplosif untuk kubah dan sasis, membuat T-80UD memiliki tingkat survivabilitas medan perang yang tinggi. T-80UD dapat menyamarkan diri di medan pertempurang dengan membuat layar asap/aerosol. Empat peluncur granat asap elektrik terpasang di kedua sisi kubah.


T-80UD juga dapat menghasilkan layar asap sendiri dengan jara menginjeksi bahan bakar diesel ke knalpot (menggunakan engine smoke emitter). Untuk mengurangi jejak termal di medan pertempuran, kompartemen mesin bagian atas dipasangi dengan isolator panas spesial


Mobilitas

T-80UD bermesin diesel 6-silinder 6TD-1 yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda. Inlet udara pada mesin membuat udara dapat dialirkan dari lingkungan yang sangat berdebu dan tank dapat melintasi air dengan kedalaman 1,8m tanpa persiapan. Tank ini mempunyai dua sistem filtrasi udara, yaitu pra-pembersih sentrifugal dan selubung pembersih udara. Sistem filtrasi udara ini membuat tank dapat beroperasi pada lingkungan panas dan berdebu sejauh 1.000 km tanpa pergantian filter dan dapat tetap bertempur pada lingkungan radioaktif.

Suspensinya bertipe batang torsi dengan tiap sisinya mempunyai enam roda dual rubber-tyred road dengan roda tetap di depan, drive sprocket di belakang dan track support rollers. Bagian atas suspensi ditutupi oleh skirt, dengan bagian depannya berlapis baja (dipasangi lapis baja reaktif-eksplosif). Sebuah karpet karet tergantung di bagian depan tank dan membuat debu tetap turun.


Fitur-Fitur Lain

Peralatan standar MBT T-80UD juga terdiri dari sistem NBC, per lengkapan untuk melintasi perairan dalam, sistem deteksi dan pemadam kebakaran, tameng radiasi dan bilah dozer yang terpasang di hull depan bagian bawah. Sistem NBC melindung awak dan peralatan dalam tank dari efek ledakan nuklir, debu radioaktif, agen beracun dan materi bekteriologis.

Peralatan khusus membuat tank dapat melintasi air dengan kedalaman 5m (kedalaman 1,8m dapat dilintasi tanpa peralatan dan persiapan khusus). Sistem deteksi/pemadam kebakaran membuat kebakaran baik di kompartemen awak maupun mesin dapat segera dideteksi dan dipadamkan. Tameng radiasi didesain dalam bentuk garis tegas di bagian permukaan dalam dan luar tank.

Bilah dozer membuat tank dapat membuat caponier (semacam lubang perlindungan) tank dalam waktu 15-40 menit tergantung tipe tanah. T-80UD juga dapat dipasangi dengan berbagai macam sistem pembersih ranjau di bagian depan hull termasuk sistem tipe-pembajak KMT-6 dan sistem tipe-penggilas KMT-7. Dua tangki bahan bakar untuk perjalanan jarak jauh dan balok “unditching” dapat dipasang di hull belakang

MBT T-80UD dioperasikan di Ukraina, Rusia dan Pakistan.


Diterjemahkan secara bebas dari: www.fprado.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes