Sabtu, 25 Juni 2011

F-16 Hibah AS Sedang di Upgrade

SURABAYA - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan bahwa pesawat tempur F-16 yang hendak dihibahkan pemerintah Amerika Serikat sedang dalam proses "up-grade".

"Sekarang F-16 itu masih dalam proses 'up-grade' di sana," katanya seusai memimpin Apel Siaga Pilar Bangsa Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI (GM-FKPPI) di Surabaya, Jumat (24/6).

Menurut dia, pemerintah AS dan anggota parlemen menyetujui hibah 24 unit pesawat tempur F-16 dari AS itu. "Saat ini pemerintah RI sedang mengkaji kapan pesawat tersebut tiba di Indonesia," kata laksamana bintang empat itu.

"Ada 24 unit F-16 yang akan dihibahkan kepada kita. Tapi sesuai kemampuan pemeliharaan, kita berharap setiap tahun delapan unit dulu," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu.

Dengan bertambahnya pesawat ini, Indonesia akan memiliki dua skuadron pesawat F-16. "Kita akan memiliki dua skuadron F-16 dengan adanya hibah itu, kekuatan armada udara kita akan makin bertambah," katanya.

Dari segi pemeliharaan, lanjut Panglima, memiliki F-16 jauh lebih efisien karena Indonesia telah memiliki pesawat ini sebelumnya. "Soal suku cadang juga demikian, kita tidak perlu khawatir mendapatkannya karena sudah tidak ada lagi embargo dari AS," kata Agus.

Sumber : ANTARA

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes