Rabu, 05 Januari 2011

China Perkenalkan Prototype Pesawat Tempur Siluman Terbarunya



BEIJING - Tak mau tertinggal dari Rusia dan India yang tengah mengembangkan pesawat tempur siluman PAK-FA, Cina ternyata telah menyelesaikan sebuah prototip pesawat tempur siluman pertamanya. Hal itu dilaporkan harian Asahi Shimbun Rabu (5/1), sebagai sorotan utama atas modernisasi militer Beijing beberapa hari menjelang lawatan Menteri Pertahanan Amerika Serikat.

Foto-foto yang dilansir di internet dan sumber-sumber militer Cina yang dikutip oleh media jepang itu menunjukkan sebuah model jet tempur J-20 telah rampung dan tengah di ujicoba membawa beban pekan lalu dan uji terbang di sebelah barat daya Cina.

Menurut Asahi Shimbun yang mengutip sumber-sumber di militer Cina, Beijing berencana memulai tes terbang penuh J-20 bulan Januari ini, dan rencana produksi diharapkan paling cepat pada 2017.

Penempur siluman China itu bakal dilengkapi dengan rudal-rudal terbaru buatan perusahaan lokal dan mampu terbang hingga pulau Guam tanpa pengisian di udara, meskipun penyempurnaannya bakal butuh waktu 10 hingga 15 tahun lagi untuk menyamai jet tempur siluman Amerika Serikat F-22.

“Ketika upaya-upaya penguatan untuk memajukan samudera terbuka, militer Cina mempercepat modernasisasi kekuatan udaranya,” tulis Asahi Shimbun. “Manuver itu mungkin berdampak pada perimbangan militer di Asia Timur.”

Sumber : TEMPOINTERAKTIF.COM

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes