Selasa, 22 Desember 2009

M1 Abrams - Bagian 13

M1A1/2 Abrams Layout




M1A2 Abrams layout.




Komandan Tank


Komandan bertanggung jawab kepada pemimpin peleton, pelaporan kebutuhan logistik, dan pengoperasian taktis tank. Dia memandu awaknya, mengarahkan pergerakan tank, menyerahkan semua laporan, dan bertanggungjawab terhadap penanganan pertolongan pertama dan evakuasi awaknya yang terluka. Dia adalah seorang ahli dalam menggunakan sistem senjata tank, meminta tembakan secara tidak langsung, dan menjalankan navigasi.

Komandan harus mengetahui dan memahami misi pasukan. Dia harus siap untuk menerima tugas dan tanggung jawab pemimpin peleton sesuai dengan perintah atasannya. Persyaratan tersebut menuntut komandan mempertahankan kesadaran perubahan situasi dengan menggunakan semua alat yang tersedia untuk pengamatan.

Komandan tank duduk di sisi kanan turret. Ruang komandan dilengkapi dengan enam periscopes yang dapat digunakan untuk mengamati keadaan sekitar dengan sudut putaran 360 derajat.

Independent Thermal Viewer dari Texas Instruments menyediakan komandan dengan alat pengamatan siang-malam stabil independent dengan putaran 360 derajat, pemindaian sector/lingkungan otomatis, pembidik target otomatis milik penembak tanpa perlu komunikasi lisan, dan kontrol penembakan cadangan.

Sistem komandan tank terdiri dari sensor (dengan tempat gyrostabilized), kontrol tangan dengan panel untuk memilih pengaturan parameter, sebuah unit elektronik dan sebuah display tabung sinar katoda jarak jauh. Cakupan pengamatan vertikal -12º hingga +20º dan horizontal 360º. Dengan pembesaran 2.6 kali pada daerah sempit 3,4º dan 7,7 kali pada bidang lebar 10,4º.



M1A1 Abrams cut out drawing



Penembak

Penembak mencari sasaran dan membidik sasaran, dan menembakkan baik meriam utama ataupun senapan mesin koaksial. Dia bertanggung jawab kepada komandan tank untuk pemeliharaan persenjataan dan peralatan kontrol penembakan tank. Penembak bertindak sebagai asisten komandan dan bertanggung jawab sebagai komandan tank bila diperlukan. Dia juga membantu anggota awak lainnya jika diperlukan. Beberapa tugasnya melibatkan komunikasi dan sistem kontrol internal: masuk ke dalam dan melakukan pemantauan jaringan komunikasi; menjaga jaringan digital jika tank dilengkapi dengan IVIS atau sistem digital appliqué; memasukkan perhitungan kontrol grafis pada overlay digital; dan memantau display digital selama tahap perencanaan dan persiapan suatu operasi.

Penembak duduk di sisi kanan kubah. Primary. Pembidik utama penembak, GPS-LOS, dikembangkan oleh Electro-Optical System Division dari Hughes Aircraft Company. Tank M1 dan M1A1 Abrams memiliki GPS-LOS dengan satu kepala cermin poros stabil. Sistem ini memiliki optik siang dengan pembesaran 10 kali pada bidang sempit dan 3 kali pada bidang lebar. Malam visi Thermal Imaging System, TIS, dari Hughes telah pengerasan x10 sempit bidang x3 pengerasan melihat dan lebar bidang melihat. Thermal Imaging System menggambarkan lingkungan/objek berdasarkan perbedaan suhu yang terpancar oleh objek. Gambar termal ditampilkan dalam penjejak milik penembak bersama dengan pengukuran jarak yang dihasilkan oleh Hughes laser range finder. Tank M1A2 Abrams memiliki GPS-LOS dua poros yang secara nyata meningkatkan kemungkinan penembakan tepat sasaran dalam sekali tembak karena mampu melacak target lebih cepat dan pembidikan meriam yang lebih presisi. Stabilisasi inersial azimuth memungkinkan deteksi target, pengenalan dan penembakan target pada jarak yang lebih jauh dibandingkan pada sistem satu poros. Jangkauan pengamatan/pembidikan target vertikal -16º hingga +22º dan azimuth +/-5º. Akurasi stabilisasi penembakan kurang dari 100 microrads, dan perubahan sudut laras meriam kurang dari 100 microrads.

Hughes Laser Rangefinder untuk M1 Abrams terdiri dari neodinium yttrium aluminium garnet, ND:YAG, laser transmitter, sebuah penerima dan waktu dan alat elektronik logika terintegrasi ke sistem kontrol penembakan tank. Operator mengarahkan laser rangefinder pada target dan menembakkan laser. Sinar laser ini terpantul dari target ke penerima dan waktu perjalanan dari dan ke target memberikan data jarak yang akurat untuk sistem komputer kontrol penembakan. Panjang gelombang laser ND: YAG adalah 1,06 microns yang bisa merusak mata. Rangefinder baru, Eyesafe Laser Rangefinder telah dikembangkan oleh Hughes untuk Abrams yang memiliki resonator Raman yang menggeser panjang gelombang dari 1,06 ke 1,54 microns yang tidak merusak mata. Laser rangefinder Hughes memiliki kecepatan tembak 1 per detik dan menyediakan akurasi 10 meter dan diskriminasi sasaran 20 meter.

Penembak memiliki pembidik tambahan Kollmorgen Model 939 dengan pembesaran 8 kali dan bidang pengamatan 8 derajat.

Komputer kontrol penembakan disediakan oleh Computing Devices Canada, Ontario. Komputer kontrol penembakan digital terdiri dari sebuah unit elektronik, entri data dan panel uji. Data jarak dari laser range finder akan ditransfer ke komputer kontrol penembakan. Komputer kontrol penembakan secara otomatis mengambil data untuk menghitung solusi kontrol penembakan. Data tersebut termasuk i) pengukuran sudut meriam, ii) lengkung laras diukur oleh muzzle reference system dari meriam utama, iii) pengukuran kecepatan angin dari sensor angin di atap turret, dan iv) data dari Sensor pendulum static cant sensor yang terletak di bagian tengah atap turret. Operator memasukkan data secara manual pada jenis amunisi, suhu, dan tekanan barometrik.


Driver

Driver menjalankan, mengarahkan, memposisikan, dan menghentikan tank. Selama berkendara, dia terus mencari rute dan posisi terlindung dimana tank dapat diposisikan saat bertempur. Dia mempertahankan posisi tank dalam formasi dan mengamati sinyal visual. Jika tank dilengkapi dengan sebuah “steer to indicator”, driver memonitor perangkat dan memilih rute taktis terbaik. Selama pertempuran, ia membantu penembak dan komandan dengan memindai target dan memindai amunisi yang ditembakkan. Driver bertanggung jawab kepada komandan untuk pemeliharaan otomotif dan pengisian bahan bakar tank. Dia membantu awak lainnya jika diperlukan.

Ruang driver berada pada bagian tengah depan tank yang dilengkapi dengan sebuah panel pemantauan yang menunjukkan kondisi tingkat fluida kendaraan, baterai dan peralatan listrik. Driver telah memiliki tiga periskop pengamatan atau dua periskop pada kedua sisi dan dibagian tengah terdapat periskop intensifikasi gambar untuk pengamatan malam. Periskop memberikan bidang pengamatan 120 derajat.

Peralatan pengamat malam hari milik Driver memungkinkan tank untuk dapat bermanuver normal dengan kecepatan sama seperti di siang hari kecepatan dalam kegelapan dan dalam keadaan visibilitas minim seperti debu, asap dan medan perang. Vision Enhancer milik Driver, AN/VSS-5, dikembangkan untuk US Army Communications and Electronics Command oleh Texas Instruments.

Thermal Viewer Driver, AN/VAS-3, dikembangkan oleh Electro-Optical Systems Division dari Hughes Aircraft Company, dipasang di M1A2 Abrams untuk Kuwait.


Loader

Loader/Pengisi Amunisi mengisi meriam utama dan senapan mesin koaksial; ia membidik dan menembakkan senapan mesin miliknya. Dia menyimpan dan merawat amunisi dan bertanggung jawab kepada komandan untuk pemeliharaan peralatan komunikasi. Sebelum pertempuran dilakukan, loader mencari sasaran dan bertindak sebagai penjaga udara atau roket-perkendali antitank (ATGM). Dia juga membantu komandan jika diperlukan dalam mengarahkan driver tank untuk mempertahankan posisinya dalam formasi.

Dia membantu anggota awak lainnya jika diperlukan. Karena loader idealnya diposisikan untuk mengamati sekitar tank dan memantau display digital tank, pemimpin peleton dan komandan harus memberikan pertimbangan yang kuat untuk menempatkan awak mereka yang paling berpengalaman kedua (setelah komandan) sebagai loaderTidak adanya loader juga berarti menambah beban komandan untuk bertanggung jawab untuk pengamanan udara dan ATGM.


Bersambung.........

Diterjemahkan secara bebas dari: www.fprado.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes