Selasa, 22 Desember 2009

M1 Abrams - Bagian 10

Pengembangan Berkelanjutan


Kerika M1A2 SEP dan M1A1D menunjukkan bukti peningkatan kemampuan tempur; AD tetap bekerja untuk meningkatkan kehandalan/reliabilitas, mengurangi tapak logistik, dan mengurangi biaya Operasional dan Pendukung (O & S) tank. Upaya ini difokuskan pada dua inisiatif yang memberikan kekuatan dengan "bang for the buck" terbesar dalam kaitannya dengan pengurangan biaya O & S, peningkatan kesiapan dan mendukung “combat overmatch”. Inisiatif ini meliputi Promosi Mesin baru Abrams dan Program Overhaul Abrams Integrated Management (AIM):

Mesin AGT 1500 telah beroperasi untuk Abrams dengan baik. Mesin ini memberikan “combat edge” signifikan karena ringan, tenaganya, dan stealth-nya. Namun, AGT 1500 semakin tua dan armada menghadapi masalah dalam memelihara “workhorse”-nya. AGT 1500 mewakili teknologi 1960-an dan sudah tidak diproduksi sejak 1992. Menyebabkan penurunan keandalan mesin untuk sehingga diperlukan biaya perbaikan sekitar 64% dari harga produksi. Army yang memusatkan perhatian pada mesin sebagai elemen utama untuk memudahkan perawatan serta mengurangi biaya O & S.
PM Abrams telah mengembangkan program dua tahap untuk meningkatkan kesiapan mesin dan biaya yang lebih rendah. Tahap pertama membuat penggunaan inovatif dengan kemitraan bersama AM/AMC/industri untuk melakukan overhaul mesin/komponen AGT 1500 yang sudah ada. Program ini disingkat PROSE (Partnership for Reduced O&S Costs, Engine). Di bawah PROSE, pemerintah akan menjadi "tim" dengan pabrikan peralatan asli untuk melakukan proses produksi ulang dan meningkatkan dukungan medan perang. Kontraktor memberikan suku cadang berkualitas dan dukungan teknis dari ahli, dan pemerintah (melalui depotnya) menyediakan tenaga kerja terampil dan fasilitas.

Tahap kedua adalah mengganti mesin AGT 1500 dengan mesin baru. Ada potensi besar untuk meningkatkan kesiapan tank dan pengurangan biaya O & S jangka panjang dalam pelaksanaan tahap ini. Pendekatan ini tidak akan murah dan akan membutuhkan sebuah keputusan besar oleh AD. Dua miliar dolar investasi diperlukan saat ini untuk mengganti mesin dengan mesin yang baru di sepanjang komponen aktif, dengan potensi penghematan 13 miliar lebih dari sisa masa aktif tank.
PROSE diharapkan untuk meningkatkan kehandalan/reliabilitas hingga 30%. Keuntungan dari mesin baru jauh lebih dramatis – AD yang dapat mencapai 4-5 kali lipat peningkatan kehandalan, mudah-mudahan dengan 35% pengurangan konsumsi bahan bakar, 42% pengurangan jumlah suku cadang, dan 15-20% peningkatan mobilitas tank. Biaya O & S siklus hidup mesin diproyeksikan untuk turun dari 16 miliar dolar untuk lebih dari 30 tahun dengan mesin yang sekarang menjadi 3 miliar dolar dengan mesin baru.

Berita terakhir mesin baru: AD AS telah memilih “Honeywell International Engine and Systems” dan “General Electric” untuk mengembangkan mesin gas turbin LV100-5 baru untuk M1A2. Mesin baru ini lebih ringan dan lebih kecil dengan akselerasi cepat, tidak bising dan exhaust/gas pembuangannya tak terlihat.

Bagian kedua dari strategi pengurangan biaya O & S adalah program Abrams Integrated Management (AIM). AIM melakukan proses overhaul pada M1A1 tua menjadi seperti tank standar pabrik orisinil, menerapkan semua teknologi aplikatif MWO. Proof of Principle AIM selesai pada tahun 1997, membuktikan efektivitas biaya dari konsep dan membantu untuk menentukan cakupan. Tank AIM mendemonstrasikan 18% penghematan biaya O & S bila dibandingkan dengan tank non-AIM. Konsep overhaul AIM merupakan solusi biaya-efektif untuk menangani masalah kenaikan biaya pendukung tank.

Serangkaian tes penembakan dari LAHAT- misil anti-tank berpemandu laser yang dikembangkan oleh IAI/MBT ((Israel Aircraft Industries-MBT Division) meliputi penembakan misil 120mm, diadaptasikan untuk meriam smooth-bore yang digunakan pada Tank Merkava MK3, Merkava Mk4, Leopard 2A4/5/6 dan M1A1/A2 Abrams. Lintasan misil dapat diatur untuk menyesuaikan tank lain (serangan atas) atau helikopter (serangan langsung). Selain itu, misilnya menggunakan hulu ledak tandem yang dapat mengalahkan baja modern dan panel reaktif. Warhead utama memiliki tingkat kemampuan penetrasi tinggi, mengalahkan semua kendaraan lapis baja yang dikenal pada sudut hantam tinggi, kekhasan lintasan misil serangan atas. Misil ini dirancang untuk digunakan pada meriam 105mm-120mm, serta pada tabung peluncuran.



M1A1 Abrams menembakkan proyektil APFSDS



Upgrade M1A1 dan M1A2 Abrams dari meriam US M256 ke Rheinmetall 120mm L55: Aspek pertama yang harus diperhatikan adalah bahwa meriam US M256 120mm (sama dengan meriam Rheinmetall 120mm L44 Jerman dari Leopard 2 disesuaikan dengan standar permesinan Amerika, dan dibuat di bawah lisensi di AS), penembakan penetrator depleted uranium M829 APFSDS berkembang, dalam toleransi yang sangat dekat, energi kinetis sama seperti penembakan penetrator tungsten dengan meriam L55 Jerman (sekitar 18-20 megajoule).

Namun, ada aspek-aspek lain yang harus dipertimbangkan, bukan murni energi kinetis. Apa yang menjadi perhatian utama di sini -berbicara tentang amunisi APFSDS- adalah kedua perilaku tahap penerbangan dan penetrasi proyektil pada penetrator tongkat panjang. Selama tahap penerbangan, kuncinya adalah bagaimana kestabilan penetrator dan berapa banyak energi kinetis dipertahankan. Perilaku tahap penetrasi adalah sangat krusial, karena hal ini adalah saat energi kinetis akan ditransfer ke target. Penetretor tongkat panjang harus tetap stabil pada saat hantaman, dan harus tahan pemotongan dan harus menghasilkan efek fase setelah penetrasi (yakni spalasi, efek pyrophoric, dll). Karena masalah itu, tidak mudah untuk menggantikan meriam 120mm L44 dengan L55. Banyak pengujian yang harus dilakukan untuk memastikan amunisi M829 (depleted uranium) akan cocok ketika ditembakkan dari 120mm L55 gun.

Bagaimanapun juga, tidak ada upgrade meriam Abrams yang dilakukan dalam waktu dekat, karena saat ini penembakan penetrator depleted uranium dari M256 L44 AS masih lebih unggul dibandingkan dengan penembakan penatraror tungsten oleh Rheinmetall L55 Jerman.


Bersambung...........


Diterjemahkan secara bebas dari: www.fprado.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes