Kamis, 13 Oktober 2011

Yak-141 Freestyle




Yak-141 (sebekumnya dikenal sebagai Yak-41) pada awalnya dibuat untuk menggantikian peran Yak-38 untuk pertahanan udara dari kapal induk kelas Kiev, dengan kemampuan penyerangan sekunder. Didesain untuk operasi kapal induk sebagai interseptor, pertempuran jarak dekat, pesawat tempur maritime dan permukaan, Yak-141 mempunyai radar multi-mode seperti MiG-29, tetapi dengan antena yang lebih kecil di dalam radome hidung. Pesawat ini sebuah sistem "fly by wire otoritas penuh triplex".

Yak-141 melanjutkan prisip-prinsip V/STOL Soviet pendahulunya, mengkombinasikan sebuah jet pengangkat dan propulsi dengan dua badan pesawat yang di dalamnya tedapat jet pengangkat (in tandem) di belakang kokpit, dengan tenaga jelajah dihasilkan oleh sebuah mesin jet Tumansky R-79. R-79 mempunyai "nozzle" jelajah/pengangkat yang mengarah ke bawah untuk take-off sementara dua mesin pengangkatnya mengarah ke belakang untuk memastikan stabilitas pesawat. "Airframe" pesawat ini menggunakan material komposit secara luas dengan sekitar 28% dari total material adalah karbon fiber, terutama pada ekor, sedangkan selebihnya menggunakan alloy aluminium-litium.

Proyek Yak-141 dimulai pada 1975, tetapi tertunda karena kesulitan financial dan kesulitan pengembangan mesin, sehingga purwarupanya belum dapat terbang hingga 1989.

Program pengembangan ini dibatalkan karena penghentian pendanaan dari Kementrian Pertahanan. Yakolev OKB melanjutkan pengembangan dengan kemampuan yang ditingkatkan untuk peran basis darat dan kapal induk. Empat purwarupa dibuat, dua di antaranya tetap terbang untuk test hingga 1995, dan dua lainnya digunakan untuk pengujian struktur pesawat dan mesin. Untuk memfasilitasi penjualan Yak-141, Yeltsin mengeluarkan pernyataan yang membolehkan adanya perjanjian dengan negara lain kepada beberapa negara Amerika Latin dan Asia.




HISTORY:
First Flight: March 1989 [STOL]; 29 December 1989 [VTOL]
Service Entry: did not enter service yet

CREW: one: pilot

ESTIMATED COST: unknown

AIRFOIL SECTIONS:
Wing Root: unknown
Wing Tip: unknown

DIMENSIONS:
Length: 60.00 ft (18.30 m)
Wingspan: 33.15 ft (10.10 m)
Height: 16.42 ft (5.00 m)
Wing Area: 341 ft2 (31.7 m2)
Canard Area: not applicable

WEIGHTS:
Empty: 25,685 lb (11,650 kg)
Normal Takeoff: unknown
Max Takeoff: 42,990 lb (19,500 kg) [short takeoff]; 34,835 lb (15,800 kg) [vertical takeoff]
Fuel Capacity: internal: 9,700 lb (4,400 kg); external: 3,860 lb (1,750 kg)
Max Payload: 5,840 lb (2,650 kg) [short takeoff]; 2,205 lb (1,000 kg) [vertical takeoff]

PROPULSION:
Powerplant: one MNPK Soyuz R-79V-300 and two RKBM RD-41 turbofans
Thrust: R-79V: 24,206 lb (107.67 kN); 34,171 lb (152.00 kN) with afterburner; RD-41: 9,392 lb (41.78 kN) ea.

PERFORMANCE:
Max Level Speed: at altitude: 1,120 mph (1,800 km/h) at 36,090 ft (11,000 m), Mach 1.7; at sea level: 775 mph (1,240 km/h), Mach 1.02
Initial Climb Rate: unknown
Service Ceiling: 49,215 ft (15,000 m)
Range: typical: 755 nm (1,400 km) with max payload
ferry: 1,133 nm (2,100 km)
g-Limits: +7

ARMAMENT:
Gun: one 30-mm GSh-301 cannon (120 rds)
Stations: six external hardpoints
Air-to-Air Missile: R-27/AA-10 Alamo, R-73/AA-11 Archer, R-77
Air-to-Surface Missile: Kh-31/AS-17 Krypton, Kh-25/AS-12 Kegler
Bomb: 500 kg bombs, free-fall, cluster bombs
Other: 23 mm gun pods, rocket pods, ECM pods

KNOWN VARIANTS:
Yak-41 or Yak-141: Single-seat V/STOL fighter for shipborne use
Yak-141M: Single-seat land-based V/STOL fighter with structural improvements for increased performance

KNOWN COMBAT RECORD: none

KNOWN OPERATORS: Russian Navy


Diposting sebelumnya pada 4 Agustus 2008 di www.bluefame.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes