Jumat, 28 Oktober 2011

PT-91 Twardy, Bag. 4


Related Vehicles



WZT-3


WZT-3 (WZT untuk Wóz Zabezpieczenia Technicznego – secara literal berarti Kendaraan Support Teknis) merupakan keluarga kendaraan yang menggunakan hull dari PT-91/T-72. Kemungkinan merupakan ARV berbasis T-72 terpopuler di dunia dengan pengiriman ke klien mencapai 400 unit. Kendaraan ini dipersenjatai dengan senapan mesin12,7mm di palka komandan. Peralatan standarnya meliputi: derek dengan telescopic jib yang dapat mengangkat beban hingga 15 ton, bilah dozer yang terpasang-di-depan winches utama dan sekunder.

WZT-3 – varian berbasis T-72 untuk AB Polandia – 20 unit.
WZT-3M – varian berbasis PT-91 untuk AB Polandia – 9 unit baru dan 20 unit upgrade dari WZT-3.
M-84AI – varian berbasis M-84A, yang dibuat di bawah lisensi di Yugoslavia – 15 unit untuk Kuwait.
ARV-3 – varian berbasis T-72 untuk AB India – 352 unit.
WZT-4 – varian berbasis PT-91M untuk AB Malaysia (secara teknis sangat berhubungan dengan MID-M – 6 unit. A


MID Bizon-S


MID Bizon-S (MID untuk Maszyna Inżynieryjno-Drogowa – secara literal berarti Engineering-Roading Machine; Bizon berarti Bison dalam bahasa Polandia) merupakan tank engineering milik Polandia yang berbasis hull PT-91.

MID – varian berbasis PT-91 untuk AB Polandia – 8 unit
MID-M – varian berbasis PT-91M untuk AB Malaysia – 3 unit


PMC



PMC (PMC untuk Pomocniczy Most Czołgowy – secara literal berarti Auxiliary Tank Bridge) adalah kendaraan lapis baja Polandia yang berfungsi menjadi jembatan darurat untuk pendukungpertempuran. PMC dikembangkan dari PT-91

PMC-90 – purwarupa berbasi PT-91 dengan jembatan MLC-60 (modul jembatan untuk kendaraan beroda track/treds dengan berat hingga 60 ton). Purwarupa ini tidak diproduksi untuk operasional.
PMC-Leguan – varian berbasis PT-91M untuk Malaysia yang dilengkapi dengan sistem jembatan Leguan MLC 60 dengan panjang 26m. Dibuat sebanyak 5 unit.
MG-20 Daglezja-G (MG for Most Gąsienicowy – secara literal berarti Tracked Bridge) adalah sebuah tracked bridge system, yang berbasis dari sasis T-72 yang diperpanjang dengan tambahan sebuah road wheel. Kendaraan ini dilengkapi dengan sebuah sistem jembatan MLC-70. MG-20 Daglezia-G berhubungan dekat dengan MS-20 Daglezia yang berbasis truk. Saat ini varian masih dalam tahap pengembangan. Kendaraan ini diharapkan dapat menggantikan peran jembatan BLG-67 yang berbasis T-55 di AB polandia.


PZA Loara


PZA Loara (PZA untuk Przeciwlotniczy Zestaw Artyleryjski – secara literal berarti sistem altileri anti-pesawat; “Loara” berarti sungai dalam bahasa Polandia) adalah sistem senjata anti-pesawat (Self Propelled Anti-Aircraft Gun) yang dipandu oleh radar. Kendaraan ini dikembangkan pada akhir 1990an. Dibuat dari sasi PT-91 Twardy, sistem ini dipasangi dengan turret berlapis baja untuk menahan dua meriam KDA 35mm Oerlikon yang terhubung dengan sistem kontrol penembakan radar. Sistem ini direncanakan akan bekerja bersama dengan PZR “Loara” (sistem roket anti-pesawat) yang dibuat dengan dasar PZA Loara, tetapi proyeknya saat ini sedang dihentikan.

Loara adalah unit penembak otomatis yang dapat bekerja secara independen atau sebagai komponen sistem pertahanan udara yang lebih luas. Sistem ini memiliki dua radar yaitu radar pencari 3D dan radar engagement. Radar pencari mempunyai radius operasional 26 km dan dapat mencari dan mengidentifikasi 64 target sekaligus. Radar juga dapat beroperasi pada saat kendaraan bergerak, dan merefresh data tiap detik. Sistem juga mempunyai pencari-jarak laser (laser range-finder), kamera TV dan FLIR yang memberikan sistem ini kemampuan segala-cuaca siang/malam dan kemampuan untuk beroperasi secara pasif keseluruhan di lingkungan ECM (Electronic Countermeasures) berat. Sistem ini mempunyai waktu reaksi di bawah 10 detik. Sistem dapat membidik pesawat yang terbang pada ketinggian dari sangat rendah hingga 5000m, dan dengan kecepatan pesawat target hingga 500m/s (1.125 mil/jam). Loara juga efektif untuk target kendaraan lapis baja ringan dan target naval.


PT-94 Goryl


PT-94 Goryl (Goryl berarti Gorila pada bahasa Polandia) adalah proyek MBT Polandia yang desain menggunakan pengalaman yang didapat dari proyek PT-91. Tank ini akan mirip dengan desain Merkava (mesin di bagian depan), dan akanmemiliki fitur desain mesin, transmisi dan sistem kontrol penembakan yang baru. Armor: komposit dan ERA; persenjataan utama: meriam 120/125mm, mortar 60mm; persenjataan sekunder: senapan mesin koaksial PKT 7,62mm, senapan mesin anti-pesawat NSWT 12,7mm; awak: 3 orang. Program ini juga dikenal dengan nama Anders. Program ini dibatalkan pada fase awal.


PT-97 Gepard


PT-97 Gepard (Gepard berarti Cheetah dalam bahasa Polandia) atau kadang dikenal dengan nama PT-2001 – adalah proyek modifikasi MBT Polandia yang dipersiapkan sebagai proram modernisasi masa depan untuk T-72. Bumar mengusulkan proyek dengan modifikasi armor frontal, mortar yang berbeda dan turret sporting seperti Leclerc dengan meriam utama 2A46. OBRUM menyainginya dengan reaktif armor depan dan samping yang baru, serta meriam utama L-44.

Walaupun potensial, dengan alasan finansial, kedua proposal tersebut tidak pernah disetujui, dan tidak ada purwarupa yang dibuat. Akan tetapi pengalaman desainnya membantu pengembangan versi PT-91 yang baru.


Krab


Krab (Krab berarti Kepiting dalam bahasa Polandia) merupakan howitzer yang kompatibel dengan amunisi 155mm NATO. Krab didesain oleh HSW S.A yang mengkombinasikan sasis UPG OBRUM, turret AS-90M Braveheart (berlisensi) dengan meriam kaliber-52, dan sistem kontrol penembakan artileri WB Electronic Topaz. Howitzer ini dilengkapi dengan mesin S-12U dan elemen lain (seperti road wheel) dari PT-91.



Sumber:
en.wikipedia.org

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes