Rabu, 26 Oktober 2011

PT-91 Twardy, Bag. 2

Pengembangan 


Dimulai dari Juli 1991, program modernisasi T-72 diimpelentasikan oleh Bumarcombine yang telah memproduksi T-72 di bawah lisensi Soviet. MBT yang telah dimodernisasi diberi nama PT-91 “Twardy” (Tangguh). Modifikasinya meliputi penambahan pertahanan, sistem kontrol penembakan dan mesin. Pada 1993 Kementrian Pertahanan Polandia memesan 20 tank PT-91 untuk pengujian lapangan dan Angkatan Bersenjata.

PT-91 dengan ERAWA-nya (foto: www.enemyforces.net)

Pertahanan MBT dari proyektil dan misil berdaya ledak tinggi ditingkatkan oleh lapis baja dinamis (dynamic armor) ERAWA baru yang dikembangkan oleh Military-Technical Institute. Pertahanan ini terdiri dari 394 kontainer berisi bahan peledak yang terdetonasi dengan adanya tembakan langsung. Kontainer ini menutupi tank seluas 9 m2. 108 kontainer dipasang di turret, 118 di hull dan 84 di tiap sisi anti-cumulative screens. PT-91 Twardy menggunakan anti-cumulative screens baja bukan karet seperti pada T-72. Perbedaan utama ERAWA dengan analog Soviet adalah bahwa kontainer ERAWA dipasang hampir tanpa celah, sementara pada modernisasi T-72 Soviet memiliki celah sekitar 10-15mm yang menyebabkan berkurangnya efektifitas pertahanan. Terdapat dua modifikasi ERAWA, yaitu ERAWA-1 dan ERAWA-2 yang memiliki perbedaan pada berat bahan peledak. Eksperimen menunjukkan bahwa pertahanan ERAWA dinamis mengurangi high-explosion stream proofing depth sekitar 50-70% dan proyektil undercaliber sekitar 30-40%. Lebih lanjut, kontainer bahan peledaknya tidak terdetonasi jika tertambak oleh peluru, fragmentasi proyektil atau ranjau, permbakaran napalm dan bahan bakar

Survivabilitas awak meningkat dengan adopsi ERAWA di area-area utama, yang memberikan proteksi yang lebih baik terhadap proyektil energi kimia. Dengan Sistem Pemadaman Kebakaran Otomatis (Automatic Fire Suppression System) up-to-date, setiap kebakaran di Kompartemen Awak akan terdeteksi oleh Detektor IR dan dipadamkan oleh Halon 1301. Kompartemen mesin dilindungi oleh pemisah, yang juga mempunya sistem pemadam otomatus yang beroperasi dengan Temperature Sensing Firewire dan dipadamkan dengan Halon 1211.


Meriam Smoothbore 2A46 (foto: www.army-guide.com)

Twardy dipersenjatai dengan meriam yang digunakan T-72, yaitu meriam smoothbore 2A46125 mm, yang dilengkapi dengan mekanisme pengisian amunisi otomatis yang mengurangi kebutuhan awak tank, 1 awak. Sistem pengisian otomatis ini memberikan kecepatan tembak 8 hingga 10 tembakan per menit. Persenjataan tambahannya terdiri dari senapan mesin multi-fungsi koaksial PKT 7,62mm dan senapan mesin berat anti-pesawat NSVT 12,7mm. PT-91 juga memiliki alat thermosmoke yang menghasilkan layar asap dari bahan bakar dan 24 peluncur granat yang berisi granat asap maupun granat anti-personal.

Modernisasi sistem kontrol penembakan dimulai dengan mengganti stabiliser two plane Soviet 2Je28M menjadi stabiliser baru yang dikembangkan di Slovakia. Stabiliser ini memiliki blok elektronik informasi kondisi teknis tank.

Sistem kontrol penembakan “Drawa” dikmbangkan oleh teknisi Polandia yang terdiri dari penglihatan siang (day sight) PCD dan penglihatan malam pasif (passive night sight) PCN-1 milik penembak (yang bisa dilengkapi dengan penglihatan malam thermovision TES yang dikembangkan oleh perusahaan Israel, ELOP). Komandan mengkombinasikan observasi pasif siang-malam, aiming sight POD-72, ballistic computer, laser rangefinder dan sistem data yang menyiapkan informasi untuk komputer balistik. Pembidikan komputer balistik tergantung pada kecepatan target, kondisi cuaca, temperatur proyektil dan tipe proyektil.

Komandan memiliki kontrol dan diagnostik kompleks US-DK-1 yang mengontrol sistem utama tank dan menampilkan informasinya pada monitor. Penglihatan malam milik driver telah dirubah menjadi penglihatan malam pasif “radomka”.

Modernisasi tank membuat berat tank meningkat dan memaksa penambahan mesin yang lebih powerful. Mesin ini adalah mesin diesel 12 silinder S-12U, versi modernisasi yang dilakukan di Warsawa oleh PZL Wola dari mesin V-46-6 milik Soviet. Mesin ini menghasilkan 850 tenaga kuda, dibandingkan versi lamanya 780 tenaga kuda. Pengembangan utamanya adalah pada modernisasi sistem bahan bakar dan injeksi. Twardy terbaru dilengkapi dengan mesin S-1000 (dengan turbocharger) yang menghasilkan 1000 tenaga kuda.

Tank yang menggunakan mesin S-1000 mendapatkan indeksasi PT-91A dan varian komandan dengan penambahan alat komunikasi, PT-91A1.

Peralatan komunikasinya terdiri dari sistem “Abzac” yang kompleks dari Rusia, yang berisi set radio R-173 dan radio penerima R-173P, fiter sinyal dan amplifier laringofon.

Sistem Peringatan Laser yang baru ditambahkan memberikan informasi tentang gelombang laser range finders dan sistem pemandu misil, dan bereaksi secara otomatis dengan menembakkan granat asap. Sistem ini dapat di-override oleh komandan dengan menembakkannya secara manual.


Sumber:
en.wikipedia.org
www.militaryfactory.com
www.enemyforces.net
www.military-today.com
www.globalsecurity.org

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes