Senin, 05 September 2011

TNI AL Rintis Latihan Bersama Kapal Selam

JAKARTA - KSAL Laksamana TNI Soeparno mengatakan, pihaknya tengah merintis latihan bersama kapal selam dengan tiga negara: Amerika Serikat, Singapura dan Korea Selatan.

"Sedang kita rintis, bahkan dengan AS kita harapkan sudah bisa dimulai pada 2012," katanya menjawab ANTARA di Jakarta, Senin (5/9).

KSAL mengemukakan, tahapan kerja sama latihan kapal selam diawali dengan pertukaran awak kapal selam TNI AL dengan awak Kapal Selam AL tiga negara itu.

"Selanjutnya kru akan diperkenalkan dengan kapal selam ketiga negara itu, begitu pun sebaliknya," ujar Soeparno.

Tahapan selanjutnya, tambah dia, latihan bersama kapal selam antara TNI AL dengan US Navy, Singapura dan Korsel dalam bingkai latihan bersama bilateral yang rutin dilakukan TNI AL dengan angkatan laut tiga negara itu.

"Latihan bersama kapal selam itu, tidak melulu kapal selam dengan kapal selam. Bisa saja kapal selam dengan kapal permukaan sesuai skenario latihan yang telah disepakati. Jadi banyak ragam dan pola latihan yang akan dilakukan disesuaikan dengan pola ancaman keamanan maritim nasional, regional maupun internasional," tutur Soeparno.

Tentang ancaman terhadap kedaulatan RI utamanya wilayah perairan dengan kehadiran kapal selam tiga negara itu dalam rangka latihan bersama, Kasal mengatakan,"semua hal tentu sudah diperhitungkan sangat matang,".

Soeparno menambahkan,"banyak kapal selam negara tertentu yang melintas di sekitar wilayah perairan Indonesia selama ini. Indonesia merupakan negara kepulauan dan berada di persimpangan dua samudra besar. Jadi semua kemungkinan sudah dipertimbangan dengan matang,".

Terkait kesiapan kapal selam TNI AL beserta awaknya, Kasal menyatakan sangat siap.

Sumber : ANTARA

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes