Kamis, 22 September 2011

Kopaska & Navy SEALs Gelar Latihan Pengamanan VVIP

SURABAYA - Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dan "US Navy SEAls" menggelar Latihan Bersama Flash Iron 11-02 JCET berupa Gladi Pengamanan VIP atau "personnel security detail" (PSD).

Keterangan pers Dispen Koarmatim di Surabaya, Jumat (23/9) menyebutkan, materi latihan di Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Surabaya itu meliputi dua tahap. Kedua tahap yang dimaksud yaitu pengamanan VVIP saat hendak masuk sebuah gedung dan praktik pengawalan saat keluar-masuk kendaraan.

Dalam simulasi latihan tersebut tim Kopaska dan Navy Seal diskenariokan sedang melakukan pengawalan VIP melalui jalur darat. Iring-iringan kemudian dihadang oleh sekelompok orang bersenjata. Kendaraan VIP mengalami kerusakan parah sehingga tim pengawal terpaksa harus mengevakuasi pejabat penting tersebut ke kendaraan lain.

Kemudian tim mengevakuasi pejabat dan melakukan upaya penyelamatan dan counter serangan lawan.Usai misi penyelamatan selesai pejabat di kawal menuju tempat pertemuan yang digambarkan berupa tempat konferensi dimana Tim kembali dihadang pendemo dan kerumunan massa yang di khawatirkan ada ancaman dari penembak jitu (Sniper) yang setiap saat beraksi dari tempat-tempat tersembunyi.

Drama penyelamatan diakhiri dengan baku tembak antara tim Kopaska dan Navy Seal dengan para pengacau di Bandara Juanda lama. Latihan pengamanan ini juga jadi bagian dari kemampuan tempur Urban Warfare, Markmanship, sniping dan Personel Security Detail (PSD).

Sumber : ANTARA

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes