Kamis, 24 Desember 2009

USS John F. Kennedy (CV 67)

Designation: USS John F. Kennedy (CV 67)
Classification Type: Conventionally-Powered Aircraft Carrier
Ship Class: Kitty Hawk-class
Country of Origin: United States
Initial Year of Service: 1968
Number in Class: 4




USS John F. Kennedy adalah bagian dari kapal induk bermesin konvensional kelas Kitty Hawk yang beroperasi dengan AL AS di Samudera Atlantik selama Perang Dingin. Pada awalnya JFK akan dibuat dengan tenaga nuklir, tetapi kemudian dirubah pada saat dalam masa pembuatan menjadi tenaga uap konvensional dan menjadi Kapal Induk Kelas Kitty Hawk terakhir (dengan kode CVA-67). JFK beroperasi dari 1968 hingga Agustus 2007, saat ini sudah dipensiunkan dari operasi secara resmi. Selama waktu itu, JFK sudah menyeberangi Atantik, menjalani misi di titik-titik konflik termasuk saat melawan Taliban setelah tragedi 11 September 2001. Kapal ini diberi nama untuk menghormati Presiden AS John Fitzgerald Kennedy, yang tewas karena pembunuhan di Dallas, Texas. Kabin sebelah kiri kapal ini didekorasi oleh istri JFK, Jacqueline Kennedy.

Kapal induk kelas Kitty Hawk merupakan pengembangan dari kapal induk kelas Forrestal. Kelas Kitty Hawk berbeda dengan pendahulunya dalam hal “island”-nya yang telah dimodifikasi dan dipasang di bagian kanan belakang, dan mempunyai dua elevator hangar di bagian depan (dengan total 4 elevator, 2 di depan dan 2 di belakang), berbeda dengan kelas Forestal yang hanya memiliki satu elevator. JFK sedikit lebih berbeda dari pada kapal sekelasnya, Kitti hawk, America dan Constellation. JFK mempunyai sitem perlindungan bawah air, yang sebenarnya digunakan untuk kapal induk bertenaga nuklir. Secara keseluruhan, kapal induk kelas Kitty Hawk mempunyai empat ketapel uap yang bekerja di dek penerbangan (dua di dek penerbangan lurus, dan dua di dek penerbangan diagonal) dan empat elevator hangar. Sebagai tambahan, kapal kelas ini mempunyai pusar deteksi anti-kapal selam yang kuat, pusat navigasi dan pusat komando taktis yang memastikan misi dijalankan sesuai dengan waktu dan sesuai kebutuhan. Kapal ini juga mempunyai sistem komunikasi satelit peluncuran dan pendaratan komplex (OE-82) untuk mengatur peluncuran dan pendaratan pesawat secara bersamaan/berurutan.

Sebagai kapal induk bertenaga konvensional, JFK dilengkapi dengan 8 sistem pendidihan (1,200psi) yang memutar 4 turbin uap yang pada akhirnya memutar 4 propeler dengan kekuatan 280.000 shp yang memungkinkan kecepatan hingga 34 knots di kondisi ideal. Awaknya terdiri dari 5.410 personel, yang terdiri dari 2.930 pelaut dan officer yang bekerja untuk kapal, serta 2.480 airmen dan officer airmen. Persenjataan JFK terdiri dari dua launcher misil Sea Sparrow, dua launcher misil Rolling AirFrame (RAM) dan sistem senjata jarak dekat (CIWS) Phalanx untuk persenjataan anti pesawat atau anti misil. Air wing-nya terdiri dari 80 pesawat dari berbagai tipe di antaranya A-7 Corsair, A-6 Intruder, S-3 Viking, F-14 Tomcat dan F/A-18 Hornet

JFK beroperasi pada awal 1970an di Laut Mediterania dan daerah sekitarnya. Selama waktu itu, kapal ini dilengkapi dengan pesawat interseptor Grumman F-14 Tomcat dan pesawat anti-kapal selam Lockheed S-3 Viking. Pada 1980an, kapal ini beroperasi di wilayah pantai Lebanon dalam rangka merespon gerakan teroris (pengeboman barak Marinir AS). Pada akhir dekade itu, dia kembali beroperasi dalam Operations Desert Shield dan Desert Storm, melawan pesawat MiG milik Libya dan target-target Irak (pada saat itu, dek-nya diupgrade agar pesawat McDonnell Douglas / Boeing F/A-18 Hornet dapat beroperasi di atasnya). Karena serangan teroris 9/11, JFK kembali ikut ambil bagian dalam operasi militer terhadap Taliban dan Al-Qaeda. Sebagai salah satu kapal yang paling mahal biaya operasionalnya, akhirnya diputuskan untuk mengakhiri masa operasi kapal ini dengan sebuah tour perpisahan yang berakhir di Mayport, Florida dan akhirnya di Norfolk, Virginia.

JFK pertama kali dipesan pada April 1964 dan mulai dibuat pada tahun yang sama. Dia diluncurkan pada 1967 dan dioperasikan secara resmi mulai 1968. JFK dipensiunkan pada 2007 dan saat ini disimpan di Philadelphia. Beberapa program untuk menyelamatkan kapal ini sebagai museum masih mungkin dilakukan. JFK selama beroperasi menggunakan slogan "Date Nolite Rogare" yang berarti "Give, be unwilling to ask=memberi, tanpa keinginan untuk meminta”, seperti kata-kata Presiden JFK “Jangan bertanya apa yang dapat negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang dapat kamu berikan pada negaramu”. Kapal JFK mempunyai julukan “can opener” dan “big john”.


Specifications: USS John F. Kennedy (CV 67)

Dimensions:
Length: 1052ft (320.65m)
Beam: 252ft (76.81m)
Draught: 37ft (11.28m)

Performance:
Surface Speed: 34kts (39mph)
Submerged Speed: 0kts (0mph)
Range: (unkown)

Structure:
Complement: 5,410
Displacement: 82,655tons

Power:
Engine(s): 8 x boilers powering 4 steam turbines with 4 x shafts delivering 280,000shp.

Weapons Suite:
2 x GMLS Mk 29 Sea Sparrow anti-aircraft surface-to-air missile launchers
2 x Phalanx anti-aircraft / anti-missile CIWS (Close-In Weapon System)
2 x RIM-116 RAM (Rolling Airframe Missile) missile launchers

Air Arm:
80 aircraft of various makes throughout her career including A-7 Corsair II strike fighters, A-6 Intruder bombers, F-14 Tomcat interceptors, F/A-18 Hornets multi-role fighters and S-3 Vikings anti-submarine aircraft.


Diterjemahkan secara bebas dari: www.militaryfactory.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes