Kamis, 24 Desember 2009

USS Abraham Lincoln (CVN 72)

Designation: USS Abraham Lincoln (CVN 72)
Classification Type: Nuclear-Powered Aircraft Carrier
Ship Class: Nimitz-class
Country of Origin: United States
Initial Year of Service: 1989
Number in Class: 10





USS Abraham Lincoln (CVN 72) menjadi kapal induk nuklir kelas Nimitz kelima yang beroperasi untuk AL AS pada 11 November 1989. Kapal ini pernah beroperasi di Teluk Persia dan wilayah Pasifik untuk misi militer maupun kemanusiaan. Kapal ini ikut dalam konvoi besar yang terdiri kapal induk nuklir kelas Nimitz lain, yaitu USS Dwight D. Eisenhower, USS Theodore Roosevelt dan the USS George Washington.

USS Abraham Lincoln adalah sebuah kapal induk dengan desain konvensional. “Island”-nya berada di sebelah kanan dan dek penerbangannya menyamping ke bagian kiri. Dia mempunyai empat elevator pesawat, tiga di bagian kanan, satu di kiri. Island-nya terbagi menjadi tiga, satu di bagian buritan dan dua lainnya di depan. Empat ketapel tenaga uapnya dapat membuat respon cepat untuk kebutuhan dek penerbangan pada lalulintas yang padat. Seperti kapal induk kelas Nimitz yang lain, USS Abraham Lincoln dapat mengangkut 90 pesawat dari berbagai jenis termasuk helikopter.

Kapal ini dilindungi oleh launcher misil permukaan-ke-udara Sea Sparrow seri Mk 57 Mod3 kembar dan dua launcher misil permukaan-ke-udara jarak dekat RIM-116 Rolling Airframe Missile. Sebagai tambahan, awak juga dapat menggunakan Sistem persenjataan jarak sangat dekat, tiga 20mm Phalanx sebagai pertahanan anti-misil/anti-pesawat. Tenaga kapal ini dihasilkan dari dua reaktor nuklir kelas A4W Westinghouse, yang menggerakkan empat turbin uap yang selanjutnya memutar propeler sampai kekuatan 260.000 shp (shaft horsepower). Dengan menggunakan reaktor nuklir, kapal induk ini (dan kapal induk kelas Nimitz lainnya) mempunyai jarak tempuh tak terbatas.

Sensor, radar dan sistem memenuhi kota terapung ini. Kapal ini mempunyai sekitar tiga radar kontrol lalu-lintas udara, radar pencarian udara yang sangat kuat, radar pertolongan dan sistem pandu pendaratan. Countermeasures-nya SLQ-32A(V)4 dan sistem contermeasure torpedo SLQ-25A “Nixie”. Daya angkut awaknya sekitar 3.200 orang termasuk 2.480 airmen.

Lincoln pertama kali dipesan pada 1982 dan mulai dibuat 1984. Dia diluncurkan pada 1988 dan diresmikan setahun kemudian. Dia mempunyai homeport di Everett, Washington. Kapal ini mempunyai panggilan “Abe” dan masih aktif hingga saat tulisan ini dibuat. Lincoln sudah mendapat banyak penghargaan, yaitu: Joint Meritorious Unit Award, Navy Unit Commendation, Coast Guard Unit Commendation, Meritorious Unit Commendation, Navy "E" Ribbon, National Defense Services Medal, Armed Forces Expeditionary Medal, Southwest Asia Service Medal, Global War on Terrorism Expeditionary Medal, Global War on Terrorism Service Medal, Humanitarian Service Medal, Sea Service Deployment Ribbon, dan Kuwait Liberation.


Specifications: USS Abraham Lincoln (CVN 72)

Dimensions:
Length: 1092ft (332.84m)
Beam: 252ft (76.81m)
Draught: 41ft (12.50m)

Performance:
Surface Speed: 30kts (35mph)
Submerged Speed: 0kts (0mph)
Range: (160,933km)

Structure:
Complement: 5,680
Displacement: 97,000tons

Power:
Engine(s): 2 x Westinghouse A4W nuclear reactors with 4 x steam turbines powering 4 x shafts at 260,000shp.

Weapons Suite:
2 x Mk 57 Mod3 Sea Sparrow anti-aircraft missile launchers
2 x RIM-116 Rolling Airframe Missile Launchers
3 x 20mm Phalanx CIWS (Close-In Weapon System)

Air Arm:
90 aircraft of various types including fighters, bombers, specialty aircraft and helicopters.





Diterjemahkan secara bebas dari: www.militaryfactory.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes