Selasa, 29 Desember 2009

PACV (Patrol Air Cushion Vehicle) / PAC VEE / Monster


Designation: PACV (Patrol Air Cushion Vehicle) / PAC VEE / Monster
Classification Type: Air Cushioned Patrol Boat / Hovercraft
Ship Class: PACV
Country of Origin: United States
Initial Year of Service: 1965
Number in Class: 6


PACV adalah singkatan untuk Patrol Air Cushion Vehicle milik AL AS, biasanya disebut “PAC-V” atau hovercraft.

PACV milik AL AS didasarkan pada SRN.5 / SK-5 yang didesain Inggris, diadaptasikan untuk keperluan militer pada 1965. SRN.6 adalah versi yang lebih besar, juga digunakan di negara lain untuk keperluan militer. Tiga dibeli AL AS untuk operasi darurat di Perang Vietnam. Setelah satu periode awak AL AS menggunakan PACV keluar markasnya di Coronado, California, keputusan diambil untuk memakainya di laut San Diego.

PACV pertama kali digunakan pada 1966 ke Vietnam. Kadang disebut dengan “Pac Vees”, mereka dilengkapi dengan sebuah senapan mesin kaliber 50 yang terpasang di platform yang dapat diputar di bagian depan, senapan mesin M60 yang terpasang di samping, dan sering kali senapan mesin M60 yang beroperasi dengan remote control atau launcher granat di bagian belakangnya. Sebagai tambahan, awak dan seringnya Baret Hijau dan ARVN Ranger AD AS, yang mengendarai di panel samping dipersenjatai dengan persenjataan ringan seperti M16, launcher granat M79, berbagai jenis senapan, pistol 45, M60, “claymore” (semacam pedang) dan granat. Selama operasi pertama PACV di Vietnam beberapa lapis baja ringan dipasang di hovercraft untuk menambah proteksi terhadap kapal dari tembakan musuh.

PACV sukses dalam banyak misi di Delta Mekong, Cat Lo, Plain of Reeds di luar Moc Hoa, dalam operasi awal mereka.

AL AS menarik PACV mereka untuk pemeriksaan pada Desember 1976-Januari 1967 dan dioperasikan ulang ke Vietnam pada akhir 1967. Angkatan bersenjata AS membuat versi PACVnya sendiri pada 1967 dengan beberapa modifikasi AL dari fase eksperimental pada 1966, disebut sebagai ACV (Air Cushion Vehicle). Selama seluruh Perang Vietnam, hanya tiga PACV AL dan 3 PACV AD AS yang dioperasikan.

PACV terlalu berisik untuk patroli dan misi pencegatan di garis pantai dan saluran air. Akan tetapi, setelah "Operation Quai Vat" (dalam bahasa Vietnam berarti monster, julukan untuk PACV dari Vietkong), PACV menunjukkan kekuatan besar dan kemampuannya di daerah berawa seperti Plain of Reeds di sepanjang perbatasan Vietnam-Kamboja.


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes