Selasa, 29 Desember 2009

Amphibious assault ship


Sebuah kapal serang amfibi (juga disebut sebagai kapal induk serang amfibi atau kapal induk komando) adalah jenis kapal induk pengangkut helikopter, yang digunakan untuk mendaratkan dan mendukung pasukan darat di wilayah musuh.

Meskipun sering menyerupai kapal induk, peran sebuah kapal serang amfibi berbeda secara fundamental: fasilitas penerbangannya memiliki peranan utama untuk pengoperasian helikopter sebagai pendukung pasukan darat, daripada untuk pesawat tempur. Namun, mereka mampu beroperasi dengan peran sebagai kontrol-laut, mengoperasikan pesawat tempur seperti Harrier dan helikopter ASW. Sebagian besar kapal ini juga dapat membawa atau mendukung kapal; seperti air-cushioned landing craft atau LCU.

Armada terbesar kapal jenis ini dioperasikan oleh AL Amerika Serikat, termasuk kelas Tarawa dari 1970-an dan kapal yang lebih baru dan besar kapal kelas Wasp yang mulai beroperasi pada tahun 1989. Kapal serang amfibi juga dioperasikan oleh Marinir Nasional Perancis, AL Republik Korea, Armada española Spanyol, dan AL Royal Inggris.


Sejarah

Dua bangsa yang telah membuat pengembangan jauh di depan selama abad terakhir adalah Amerika Serikat dan Inggris. Dari serangan besar Perang Dunia II sampai serangan baru di Semenanjung Al-Faw di Irak, kedua negara telah berada di garis terdepan pengembangan kapal serang amfibi.


World War II

Pada Perang Dunia II di, kapal induk pengawal sering mengawal kapal yang mendarat dan kapal pembawa tentara selama penyerangan suatu pulau. Dalam perannya ini, mereka akan memberikan perlindungan udara untuk pasukan di permukaan yang secara bersamaan menjadi penyerang awal di daerah pantai dalam operasi pendaratan peralatan tempur amfibi. Kadang-kadang mereka bahkan menjadi pengawal kapal induk yang besar, berperan sebagai airstrips darurat dan memberikan perlindungan bagi kapal induk besar ketika kapal induk besar ini sedang sibuk menyiapkan atau melakukan pengisian bahan bakar ulang bagi pesawat-pesawatnya. Selain itu, mereka juga mengirimkan pesawat terbang dan suku cadangnya dari Amerika Serikat ke pulau-pulau terpencil.


Post-World War II

Walaupun semua kemajuan yang telah terlihat selama Perang Dunia II, masih ada keterbatasan mendasar dalam jenis pantai yang cocok untuk penyerangan. Pantai harus relatif bebas hambatan, dan memiliki pasang surut dan lerengan yang cocok. Namun, perkembangan helikopter mengubah perhitungan dan kekurangan secara fundamental. Penggunaan helikopter pertama untuk kapal serang amfibi dilakukan selama invasi Anglo-Perancis-Israel dari Mesir pada tahun 1956 (Suez War). Dua armada kapal induk kecil Inggris, HM Ocean dan Theseus, telah diubah dengan cepat untuk membawa pasukan dan helikopter, dan digunakan untuk melakukan serangan udara seukuran-batalyon.

Teknik tersebut dikembangkan lebih lanjut oleh pasukan Amerika selama Perang Vietnam dan selama pengembangan pelatihan tempur. Serangan amfibi modern dapat dilakukan di hampir setiap sudut pantai, yang membuat pertahanan terhadap serangan mereka menjadi sulit.

Kapal serang amfibi paling awal dikonversi dari kapal induk kecil. Dua kapal induk kecil kelas Colossus dimodifikasi untuk digunakan dalam Perang Suez, AL Royal Inggris memedifikasi kapal induk kelas centaur, Albion dan Bulwark menjadi "Kapal Induk Komando" selama tahun 1950-an. Kapal sekelasnya HMS Hermes juga dikonversi menjadi Kapal Induk Komando pada awal tahun 1970-an, tetapi dikembalikan lagi menjadi kapal induk sebelum akhir tahun 1970-an. AL Amerika Serikat menggunakan tiga kapal induk kelas Essex; USS Boxer, Princeton, dan Valley Forge, dan kapal induk pengawal kelas Casablanca; USS Thetis Bay sebagai dasar armada kapal serang amfibi, sebelum membuat lima kapal kelas Iwo jima kapal khusus untuk peran Helikopter Platform Pendaratan (Landing Platform Helikopter).

Selanjutnya kapal serang amfibi dibuat untuk peran tersebut. Amerika Serikat Navy membuat kelas Tarawa yang terdiri dari lima kapal Landing Helicopter Assault yang mulai beroperasi dari akhir tahun 1970-an, dan kelas Wasp yang terdiri dari delapan kapal Landing Helicopter Dock, yang mulai beroperasi pada tahun 1989. AL Amerika Serikat juga merancang kelas kapal serang baru: kapal kelas America pertama diperkirakan akan mulai beroperasi pada tahun 2013.

Kapal pertama Inggris yang dibuat khusus untuk peran kapal serang amfibi adalah HMS Ocean, yang beroperasi untuk AL Royal Inggris mulai tahun 1998. Negara-negara lain telah membuat kapal serang amfibi; Perancis: kelas Mistral, Korea Selatan: ROKS Dokdo, dan Spanyol: Juan Carlos I (L61); semuanya masih aktif, sedangkan Australia berencana untuk membuat dua kapal kelas Canberrra berdasarkan desain Spanyol



Design

Karena berasal warisan kapal induk, semua desain kapal serang amfibi menyerupai desain kapal induk. Dek penerbangan digunakan untuk operasi helikopter mendaratkan pasukan dan perlengkapan, dan untuk operasi “Jump Jet” Harrier untuk memberikan dukungan operasi pendaratan. Pesawat STOL (Short Take-Off and Landing) seperti OV-10 kadang-kadang dapat beroperasi di kapal jenis ini dan mampu melakukan STOL (Lepas Landas dan Mendarat dengan jarak Pendek) di dek kapal amfibi besar tanpa memerlukan ketapel atau kawat “penangkap”, walaupun untuk alasan keselamatan pengoperasian pesawat ini tidak diperbolehkan. Kapal ini juga membawa davits (semacam derek/katrol) yang terpasang di dek atau sebuah Landing juga dilakukan, baik pada deck-mount davits, atau well-deck internal (semacam hangar).




List of types
•Landing Helicopter Assault (LHA)
oTarawa class
oAmerica class
•Landing Helicopter Dock (LHD)
oWasp class
oMistral class
oDokdo class
oJuan Carlos I
•Landing Platform Helicopter (LPH)
oIwo Jima class
oHMS Ocean

Navies currently operating
France
•Marine Nationale
oMistral class - LHD
Mistral (L9013)
Tonnerre (L9014)
Republic of Korea
•Republic of Korea Navy
oDokdo class - ROKS Dokdo - LHD
Spain
•Spanish Navy
oJuan Carlos I (L61) - LHD
United Kingdom
•Royal Navy
oHMS Ocean (L12) - LPH
United States
•United States Navy
oWasp class - LHD
USS Wasp (LHD-1)
USS Essex (LHD-2)
USS Kearsarge (LHD-3)
USS Boxer (LHD-4)
USS Bataan (LHD-5)
USS Bonhomme Richard (LHD-6)
USS Iwo Jima (LHD-7)
USS Makin Island (LHD-8)
oTarawa class - LHA
USS Tarawa (LHA-1)
USS Nassau (LHA-4)
USS Peleliu (LHA-5)
oAmerica class - LHA
USS America (LHA-6) (under construction)


Diterjemahkan secara bebas dari: www.wikipedia.org

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes