Kamis, 24 Desember 2009

Jeanne d'Arc (R 97)

Designation: Jeanne d'Arc (R 97)
Classification Type: Conventionally-Powered Helicopter Cruiser
Ship Class: Jeanne d'Arc (CVH)
Country of Origin: France
Initial Year of Service: 1964
Number in Class: 1


Jeanne d'Arc (R 97) dapat diklasifikasikan sebagai kapal induk secara umum, walaupun desainnya diutamakan untuk helikopter dan secara resmi diklasifikasikan sebagai “helicopter cruiser”. Dia tidak mempunyai dek penerbangan, dek-nya hanya berupa dek helikopter pada bagian buritan. Saat ini, kapal ini masih beroperasi untuk AL Perancis, walaupun rencananya akan dipensiunkan pada 2011. Fungsi utama kapal ini adalah untuk training pilot dan dapat difungsikan untuk misi ofensif dengan sistem helikopter multiperan yang dimilikinya.




Desain kapal ini mempunyai superstruktur di tengah dengan sebuah cerobong di bagian belakang superstruktur ini. Dia mempunyai sebuah haluan datar dan bagian buritannya merupakan dek penerbangan (helikopter) luas yang dapat mengakomodasi hingga 3tiga helikopter secara bersamaan. Hangar-nya terdapat di bawah dek dan dapat menyimpan 10 helikopter dari berbagai tipe dan ukuran. Helikopter ini termasuk Puma, Super Frelon, Alouette III dan Gazelle yang dapat digunakan untuk misi transportasi, pengintaian ataupun penyerangan. Tenaga kapal ini dihasilkan oleh empat mesin konvensional yang mampu menghasilkan 10.000 tenaga kuda. Kapal ini diawaki oleh 777 yang berperan sebagai sailor officer dan air men.

Kapal ini mempunyai kemampuan pertahanan diri yang terbatas jika dibandingkan dengan kapal cruiser modern, tetapi kapal ini memiliki 6 launcher misil anti-kapal permukaan-ke-permukaan Exocet 38, satu di bagian ujung depan superstruktur, yang lainnya di bagian samping. Kapal ii juga dilengkapi dengan dua meriam 100mm yang terpasang di bagian depan superstruktur. Untuk pertahanan jarak dekat, kapal ini dilengkapi dengan empat buah senapan mesin anti-pesawat 12.7mm.

Jeanne d’Arc mulai dibuat pada 1959 (sebagai “La Resolue”) dan diluncurkan pada 1961. Dia mulai dioperasikan pada 1964 dengan diganti nama menjadi Jeanne d'Arc, setelah dipensiunkannya kapal Cruiser Jeanne d’Arc yang dibuat pada 1930an. Dia mempunyai homeport di Brest, France. Dia menjadi kapal ketiga yang diberinama sesuai dengan pemimpin militer mitos Perancis.


Specifications: Jeanne d'Arc (R 97)

Dimensions:
Length: 597ft (181.97m)
Beam: 79ft (24.08m)
Draught: 25ft (7.62m)

Performance:
Surface Speed: 26kts (30mph)
Submerged Speed: 0kts (0mph)
Range: (12,070km)

Structure:
Complement: 777
Displacement: 10,575tons

Power:
Engine(s): 4 x turbines producing 10,000hp each.

Weapons Suite:
6 x Exocet 38 surface-to-surface anti-ship missiles
2 x 100mm cannons (initially 4 turrets)
4 x 12.7mm anti-aircraft machine guns

Air Arm:
Up to ten aircraft that can include any of the following:
2 x Aerospatiale Puma Helicopters
2 x Aerospatiale Gazelle Helicopters
2 x Alouette III Helicopters
8 x Super Frelon Helicopters





Diterjemahkan secara bebas dari: www.militaryfactory.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes