Kamis, 24 Desember 2009

HMS Ben-my-Chree

Designation: HMS Ben-my-Chree
Classification Type: Seaplane Carrier
Ship Class: Ben-my-Chree
Country of Origin: United Kingdom
Initial Year of Service: 1915
Number in Class: 1





HMS Ben-my-Chree beroperasi untuk AL Royal selama pertengahan tahun Perang Dunia 1, dia beroperasi sebagai kapal induk pesawat. Awalnya, kapal ini adalah kapal penumpang yang digunakan untuk mengangkut penumpang ke Isle of Man sampai diambil alih oleh AL Royal untuk perang. Setelah dikonversi, maka Ben-my-Chree tetap mempertahankan bentuknya sebagai kapal penumpang tetapi dengan beberapa penambahan besar untuk menguatkannya sebagai kapal perang.

Tampilan HMS Ben-my-Chree didominasi oleh dua cerobong asap di tengah kapal. Tiang kapal berlokasi di depan dan belakang cerobong dengan jembatan superstruktur di antara cerobong asap depan dan tiang. Sebuah superstruktur yang lebih besar yang mempunyai hangar dipasang di bagian belakang. Bagian depan atas dari forecastle telah dipasangi dengan fly-off ramp untuk meluncurkan pesawat. Total enam pesawat dapat diangkut, meskipun idealnya hanya empat pesawat untuk kelonggaran ruang. Awalnya, jenis pesawat yang diangkut Sopwith Schneider (seaplane), akhirnya memberikan Sekutu kekuatan untuk menyerang dan mengancam dominasi Zeppelins dari Jerman. Kemudian pesawat Short (seaplane)juga diangkut, yang merupakan jenis bomber torpedo. Beberapa jenis pesawat terbang beroperasi untuk kapal induk ini dalam operasi Dardanelles, dua kapal Turki berhasil ditenggelamkan dengan tembakan torpedo langsung.

Di luar terbatasnya kekuatan airwingnya, persenjataan yang dimiliki Ben-my-Chree pada umumnya sangat offensif. Persenjataan ini termasuk beberapa meriam dalam berbagai ukuran kaliber, 4 x 12-pounder baterrise dan 2 x 3-pounder, sistem persenjataan yang dipasang pada 1915 saat konversi dari kapal penumpang menjadi kapal perang. Pada 1916 beberapa persenjataan ditambahkan meriam 12-pounder, meriam 2-pounder "pom-pom" dan meriam 3-pounder pada masing-masing towing carriages.

Sebagai kapal perang, Ben-my-Chree terlihat dalam pertempuran di Perang Dunia 1. Sepanjang konflik, dia bertindak sebagai “platform perampasan bergerak”, artileri peninjau, kapal penyelamat dan kapal induk serang langsung. Pada bulan Februari 1916, operasi Ben-my-Chree dihentikan sementara setelah tabrakan dengan dengan SS Uganda, yang menyebabkan kerusakan serius dibagian depan kapal. Setelah kembali dari perbaikan, kapal melakukan serangan pengeboman, peninjauan artileri dan pengintaian gerakan musuh. Pada tanggal 11 Januari 1917, ketika serang berlabuh dan menurunkan jangkar di pelabuhan Kastelorgio, Ben-my-Chree secara permanen roboh dari pengoperasian karena serangan dari pantai Turki dan terbalik. Pasca perang, hull-nya diangkat dan ditaksir ulang, akhirnya dijual pada 1921.

HMS Ben-my-Chree mulai dibuat oleh Vickers Barrow-in-Furness pada 1907 (konversinya ditangani oleh Cammell Laird di Birkenhead) dan diluncurkan pada tahun berikutnya. Ia secara resmi dioperasikan pada 1915. Nama tidak biasa "Ben-my-Chree" ini berasal dari bahasa Manx Irlandia Lama dan berkaitan dengan Manx Gaelic, bahasa yang digunakan di Isle of Man yang merupakan penumpang rute kapal feri asli Ben-my-Chree sebelum dikonversi menjadi kapal perang oleh AL Royal pada 1915.


Specifications: HMS Ben-my-Chree

Dimensions:
Length: 375ft (114.30m)
Beam: 46ft (14.02m)
Draught: 18ft (5.49m)

Performance:
Surface Speed: 24kts (28mph)
Submerged Speed: 0kts (0mph)
Range: (2,223km)

Structure:
Complement: 250
Displacement: 3,880tons

Power:
Engine(s): 4 x double-ended cylindrical boilers and 3 x steam turbines powering 3 x screws at 14,000hp.

Weapons Suite:
1915:
4 x 12-pdr cannons
2 x 3-pdr cannons
1916 additions:
1 x 12-pdr cannon on carriage mount
1 x 3-pdr cannon on carriage mount
1 x 2-pdr "pom-pom" cannon on carriage mount

Air Arm:
4 x Seaplanes of various makes and types (up to 6 possible)


Diterjemahkan secara bebas dari: www.militaryfactory.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes