Jumat, 25 Desember 2009

Avions de Transport Regional ATR 42 Regional Airliner



Role: Regional Airliner
Manufacturer: Avions de Transport Regional ATR
First flight: 16 August 1984
Introduced: 1985
Status: In revenue service
Produced: 1984-present
Number built: 390





ATR dibentuk dari penggabungan perusahaan Perancis Aerospatiale dan Italia Aeritalia (sekarang Alenia) pada 1980. Setiap perusahaan sedang membuat pesawatnya sendiri Aeritalia AIT-230 dan Aerospatiale AS.35 sebelum bergabung menjadi ATR. Aerospace Inggris juga akhirnya bergabung dengan ATR untuk membentuk Aero International Regional (AIR). Desain pertama yang dihasilkan dari perusahaan gabungan ini adalah ATR 42 yang mampu mengangkut 42 sampai 50 penumpang.

ATR 42 pertama kali diumumkan pada 1981 dan membuat penerbangan pertamanya pada 16 Agustus 1984. Penerbangan komersial pertamanya dilakukan pada Desember 1985 untuk Air Littoral Perancis. Pada Januari 2007, sebanyak 390 pesawat ini telah diproduksi dengan 11 yang lainnya dalam tahap pemesanan.

Pesawat ini menggunakan sayap “terpasang-tinggi” di bodi pesawat, dua mesin turboprop Pratt & Whitney dan sistem avionik digital. ATR 42 terbukti sukses sehingga versi yang lebih besar dibuat, ATR 72 diperkenalkan pada 1986.


Varian Utama ATR 42

ATR 42-200/300
ATR 42-200/300 adalah varian orisinil dari pesawat ini. Bermesin Pratt & Whitney Canada PW120 dengan tenaga 2.000 shp (shaft horse power).

ATR 42-320
Versi ini adalah pengembangan dari ATR-300 dengan mesin PW121 yang menghasilkan 2.100 shp)

ATR 42-400
Versi ini adalah nama resmi dari versi penumpang pesawat ATR 42 "Surveyor" yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya dengan menggunakan baling-baling enam-blade tetapi dengan mesin yang sama PW120/PW121. Operator utama versi ini adalah Conviasa & CSA Czech Airlines.

ATR 42-500
ATR-500 adalah versi produksi saat ini. Pesawat ini identik dengan ATR 42-400, tetapi bermesin PW127E yang menghasilkan 2.400 shp yang mampu meningkatkan performa dan kecepatannya, serta meningkatkan berat maksimal take off, sehingga dapat mengangkut lebih banyak kargo dan meningkatkan jarak tempuh hingga 1.500 nm.

ATR 42-600
Pada 2 Oktober 2007, Stéphane Mayer, CEO ATR, mengumumkan peluncuran versi baru ATR 42 di Washington. ATR 42-600 dan ATR 72-600 akan mempunyai sistem teknologi terbaru, dengan efisiensi yang sangat tinggi. Pesawat ini akan bermesin PR127M dan akan diresmikan pada semester kedua 2010.

Lain-Lain
Semua varian ATR 42 dapat dirubah menjadi pesawat kargo. FedEx, Aviavilsa, UPS, dan DHL adalah operator utama versi ini.
ATR 42 "Surveyor" adalah versi patroli maritim.




Specifications

General characteristics (ATR 42-500)
•Wingspan: 24.57 m
•Length: 22.67 m
•Height: 7.59 m
•Wing area: 54.5 m²
•Powerplant: Pratt & Whitney Canada PW127E (1,790kW) × 2
•Passengers: 44-50

Performance
•Maximum Take-Off Weight: 18,600 kg
•Cruising speed: 556 km/h
•Range: 2,965 km

Measurement: ATR 42
Accommodation: 44-50
Range at max pax load: 640 nm (ATR 42-300); 870 nm (ATR 42-500)
Wingspan: 24.57 m
Length: 22.67 m
Height: 7.59 m
Maximum Take-Off Weight: 16,700 kg (ATR 42-300/320); 18,600 kg (ATR 42-500)

Powerplant:
Pratt & Whitney Canada
2 × PW120 @ 1800 SHP (ATR 42-300)
2 × PW121 @ 1900 SHP (ATR 42-320)
2 x PW127E @ 2160 SHP (ATR 42-500)





Diterjemahkan secara bebas dari: www.fas.org

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes