Sabtu, 21 November 2009

Diluncurkan, Teleskop Ruang Angkasa Berinfra Merah


Sabtu, 21 November 2009

NASA berencana pada bulan depan akan meluncurkan teleskop ruang angkasa untuk memindai langit dengan cahaya infra merah sehingga bisa melihat benda langit yang terlalu redup, berdebu, atau jauh.

Itu disampaikan para manajer proyek senilai US$320 juta tersebut, di Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (17/11). Wide-field Infrared Survey Explorer atau WISE diharapkan mampu mendeteksi ratusan ribu asteroid yang bersembunyi di kegelapan tata surya serta jutaan bintang dan galaksi yang lebih jauh.

Teleskop ruang angkasa akan dibawa ke orbit oleh roket Delta 2. Rencananya, launching WISE akan digelar di Vandenberg Air Force Base, California, Jumat (20/11), dan akan lepas landas pada 9 Desember.

Misi selama enam bulan tersebut untuk mengamati seluruh langit dengan radiasi infra merah. Cahaya ini tak terlihat oleh mata manusia. Karena dipancarkan dari bagian terdingin benda, sehingga terlewatkan oleh teleskop yang hanya peka oleh cahaya tampak.

"Kami berharap tentu melihat lebih banyak asteroid, bintang, dan galaksi lagi," kata Edward Wright dari University of California, Los Angeles, penyelidik utama misi.

"Tapi, sungguh saya akan terkejut jika saya tidak terkejut. Soalnya, kita akan menemukan hal-hal yang tidak seorangpun pernah membayangkannya," ujarnya.

Sumber: Media Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes