Senin, 14 Februari 2011

Basarnas Mendapatkan Hibah Mi-17 Dari Bulgaria


Helikopter Mi-17 AD Bulgaria

Basarnas Beli 4 Helikopter dan 6 Kapal Baru

JAKARTA - Badan SAR Nasional atau Basarnas berencana membeli 4 helikopter baru untuk kegiatan SAR tahun 2011 ini. Selain itu, Basarnas juga akan mendapatkan hibah berupa 8 helikopter MI 17 dari Bulgaria.

"Tahun ini ada pembelian 4 helikopter tipe sedang. Lalu kalau prosesnya lancar, akan ada hibah dari Bulgaria," kata Kepala Basarnas Letjen Nono Sampono, usai bertemu dengan Wakil Presiden Boediono di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (14/2).

Menurut Sampono, sejak Pakta Warsawa runtuh, semua alutsista negara-negara anggotanya, termasuk Bulgaria, tidak boleh dipakai lagi untuk kepentingan militer melainkan hanya untuk kemanusiaan. Karena itu, Bulgaria berminat menyumbangkan helikopternya kepada Basarnas.

"Itu helikopter tahun 1990-an. Masih bagus, kok. Tinggal bagaimana kita me-maintenance-nya," tandas Nono.


Kepala Basarnas Letjen (Mar) Nono Sampono

Sedangkan tentang rencana pembelian 4 helikopter, lanjut Nono, saat ini sedang dibahas beberapa alternatif. Pertimbangan utamanya adalah masalah spesifikasi dan maintenance apabila helikopter tersebut telah digunakan Basarnas.

Selain helikopter, tambahnya, Basarnas juga akan mendisain 6 kapal yang dilengkapi landasan helikopter (helipad). 5 Kapal berbahan dasar fiber, sedangkan 2 kapal berbahan logam. Kapal-kapal tersebut akan disebar di wilayah timur, tengah, dan barat Indonesia.

"Akan kita desain ada helipad dan dia bisa refuel di situ. Kapal itu dibikin di dalam negeri untuk Basarnas. Panjanganya 60 meter. Kebanyakan kita hanya punya yang 30 meter," tandas Nono.

Sumber : DETIKNEWS.COM

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes