Minggu, 27 Desember 2009

Mil V-12; 105,000 kg (Helikopter Terbesar di Dunia)

Helikopter terbesar di dunia yang pernah dibuat adalah Mil V-12 yang dikembangkan oleh Uni Soviet selama 1960an V-12 adalah pesawat uji yang tidak biasa yang mempunyai dua rotor yang terpasang berdampingan pada ujung sayap yang besar. Tiap rotornya berdiameter 115 kaki (35m). Helikopter ini sangat besar dengan jarak ujung rotor ke rotor lainnya hampir 220 kaki (67m), bahkan lebih lebar dari bentang sayap Boeing 747!




Lebih mengagumkan lagi adalah kapasitas angkut helikopter ini. V-12 mempunyai berat take-off maksimal 231.485 lbs (105 ton) dan membuat rekor pada 1969 dengan membawa beban 88.635 lbs (40.205 kg). Helikopter ini menjadi yang terbesar di dunia berdasarkan FAI dan Guinness Book of World Records.

Untuk mengatasi sulitnya pengembangan set rotor baru, pengurangan gigi/roda dan transmisi, keputusan diambil untuk meningkatkan dua kali tenaga Mi-6 dan penggunaan dua set mesin milik Mi-6, gearbox dan rotor pengangkat berdampingan. Rotor kiri merupakan cermin dari rotor kanan dengan sedikit overlap. Rpm milik rotor dikurangi menjadi 112; gearbox dihubungkan dengan tangkai melintang.


Hanya dua purwarupa V-12 yang dibuat, walaupun ukuran dan daya angkut yang luar biasa, desain ini dinyatakan gagal oleh pengembangnya dan otoritas Uni Soviet. V-12 terlalu besar dan sulit untuk bermanuver untuk menjadi mesin yang dapat diaplikasikan. Model produksi akan diberi kode Mi-12, tetapi rencana ini dibatalkan setelah adanya evaluasi pada dua helikopter yang sudah dibuat. Satu V-12 disimpan di museum AU Rusia di Monino, sedangkan yang satu lagi di pabrik milik Mil di dekat Moscow.


Diterjemahkan secara bebas dari: www.aerospaceweb.org

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes