Selasa, 29 Desember 2009

Mark 81 bomb



GP Bomb Mark 81 (Mk 81) 250 lb (113 kg) (berjulukan ”Firecracker”=”mercon") adalah GP Bomb yang terkecil dari GP bomb ber-“drag” (suatu istilah aerodinamis, berarti hambatan aerodinamis) rendah seri Mk80.


Pengembangan dan Penggunaan

Dikembangkan untuk pasukan militer Amerika Serikat di tahun 1950-an, ia pertama kali digunakan selama Perang Vietnam. Bom ini terdiri dari selongsong baja dengan bahan peledak H6, Minol atau Tritonal sebanyak 96 lb (44 kg). Daya ledak dari Mk 81 dianggap tidak memadai untuk menggunakan taktis militer AS, dan ia segera dihentikan penggunaannya, meskipun pembuatan duplikat berlisensi dari senjata ini masih berlanjut hingga saat ini di berbagai negara lain.

Pengembangan varian bom kendali- presisi dari bom Mk 81 (GBU-29) dimulai untuk mengurangi potensi kerusakan kolateral (yang tidak semstinya) jika dibandingkan dengan bom yang lebih besar, tetapi program ini telah dibatalkan karena kecilnya diameter bom.


Varian

• Mk 81 Snakeye yangdilengkapi dengan Mark 14 TRD (Tail Retarding Device) untuk meningkatkan daya hambat aerodinamika dari bom setelah dijatuhkan. Waktu-“layang” bom meningkat, digabungkan dengan “drop-envelope” yang kuat, memungkinkan penggunaan bom ini dalam operasi pengeboman ketinggian rendah pada kecepatan yang lebihlambat. Umumnya digunakan dalam peran Close Air Support(CAS) di Vietnam. Diberi julukan "ular”.
• Amunisi Joint Direct Attack GBU-29, versi kendali-presisi Mk 81 dibatalkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes