Selama 1961, MiG OKB memulai sebuah program untuk upgrade pesawat tempur berdasarkan air frame MiG-21PF dan diberinama secara secara serentak sebagai MiG-23. Diberi kode oleh OKB sebagai Ye-8, pesawat ini mempunyai intaje udara bercabang dua untuk mesin R-21F yang dikembangkan oleh N Metskhvarishvili, dengan tenaga dorong 4500kg dan 7000kg dengan afterburning. Sebuah canard 2.60m juga dipasang –canard ini sebelumnya yang telah diuji pada Ye-6T- dan telah diusulkan untuk dipasang juga radar Sapfir 21 untuk melengkapi dua misil AAMs K-13.
Purwarupa pertama dari dua, Ye-8/1, terbang pertama kali pada tanggal 17 April 1962, pada tanggal 29 Juni diikuti oleh Ye-8/2. Pada tanggal 11 September, mesin R-21F dari Ye-8/1 meledak pada kecepatan Mach=1,7, ketinggian 10.000m. Penyebabnya adalah fan kompresor keenam masuk casing mesin dan kemudian merusak aileron bagian kanan. Ye-8/2 telah melakukan 13 penerbangan, namun program ini akhirnya dihentikan.
Specification:
WEIGHTS:
Take-off weight: 8200 kg; 18078 lb
DIMENSIONS:
Wingspan: 7.15 m; 23 ft 5 in
Length: 14.90 m; 48 ft 11 in
Wing area: 23.13 m[sup]2[/sup]; 248.97 sq ft
PERFORMANCE:
Max. speed: 2230 km/h; 1386 mph
Ceiling: 20000 m; 65600 ft
0 komentar:
Posting Komentar