MiG Multirole Front-Line Fighter [MFI - Mnogofounksionalni Frontovoi Istrebiel ] baru telah dipublikasikan pada 12 Januari 1999. Projeknya telah dikembangkan sejak 1986. Pesawat tempur garis depan multi-fungsi generasi kelima ini dikembangkan oleh MIG (Mikoyan dan Gurevich) aviation scientific dan MAPO. Purwarupa pertama dikirim pada awal 1994 dan pengerjaannya tertunda karena keterbatasan dana. Pesawat tempur dengan berat 35 ton ini mempunyai sebuah saluran udara di bawah badan pesawat dengan dua buah mesin AL41F dengan masing-masing 20 ton mesin dorong, dan dengan kecepatan maksimal lebih dari 2.500km/jam. Planform ekor-kembar "duck" memungkinkan seluruh pergerakan foreplane tipe "canard" dengan lebar sayap sekitar 15m dan panjang 20m.MAPO-MiG mengklaim bahwa pesawat ini mampu mengalahkan F-22 Raptor dan sebagian besar pesawat tempur AS. Walaupun misi utama MFI adalah superioritas-udara, tidak seperti F-22, MFI juga dapat melakukan misi penyerangan, dan di dalamnya kedua konsep dan konfigurasi ini setara dengan EFA2000 Eurofigter multi-fungsi. Seperti F-22 Amerika, MFI mempunyai "vectoring system" mesin dorong yang memungkinkan dilakukannya pembelokan tajam. Pesawat ini juga mempunyai kemampuan "sembunyi" yang sama, dengan canard, sayap, dan struktur badan pesawat yang terbuat dari karbon-fiber dan meterial komposit polimer. Kemampuan "sembunyi" lainnya termasuk radar-absorbing covering, screening of radar-visible structure elements, dan pengurangan jejak panas. Pesawat dapat membawa peluru kendali udara-ke-udara dan udara-ke-darat jarak jauh dan dipersenjatai dengan meriam 30mm.
Spesifikasi
Pembuat: Mig-MAPO
Negara: Rusia
Fungsi: Pesawat Tempur Multi-Fungsi
Kru: 1
Penerbangan Pertama: 1999
Mesin: 2 Lyulka AL-41F vectored-thrust afterburning turbofans, 39,340 lb thrust each
Lebar Sayap: 15m
Panjang: 19m
Tinggi: 6m
Bentang Canard: 5m
Berat : 33,069 lb empty / 44,092 lb max. take off
Kecepatan: Altitude: 2.448km/jam dan supercruise 1.224km/jam
Persenjataan: Tidak diketahui, yang pasti dari jenis AAMs milik Rusia.
Sumber: http://www.aviastar.org/
Foto: www.ausairpower.net
0 komentar:
Posting Komentar