Selasa, 03 Februari 2009

Messerschmitt Me 321





Junkers dan Messerschmitt pada 1940 berhasil mendesain dan mengembangkan glider transportasi yang sangat besar yang cocok untuk mengirimkan orang atau barang-barang. Junker 322 Mammut (Mammoth) dengan bentang sayap 62 m akan dapat mengakomodasi 100 tentara berperalatan lengkap, tetapi terbukti tidak stabil dan dibatalkan oleh Reichsluftfahrtministeriurn. Akan tetapi, Me 321 menjadi desain yang berhasil dengan konfigurasi sayap (terpasang) tinggi (di bodi pesawat) dan dengan bahan konstruksi baja, kayu dan kain. Kokpit dipasang tinggi di bodi pesawat dengan tempat duduk tunggal berdekatan dengan bagian ujung depan sayap. Pintu menuju kabin utama terletak pada hidung dan di setiap sisi bagian belakang bodi pesawat. Beban yang bida diangkut pesawat ini adalah 22.000kg.

Purwarupa Me 321 VI terbang pertama kali pada Maret 1941 dan pesawat produksi Me 321A-1 mulai beroperasi pada Mei di tahun yang sama. Selanjutnya Me 321B-1 dengan awak 3 orang dan persenjataan untuk pertahanan 4 senapan mesin 7.9mm MG 15. Me 321 (dibuat sekitar 200) biasanya ditarik oleh tiga Bf 110C atau He 111Z. Roket yang dimiliki glider/pesawat ini digunakan untuk takeoff pada medan yang berat.


Specifications (Me 321)

General characteristics
Crew: two, pilot and co-pilot
Capacity: 130 troops
Length: 28.15 m (92 ft 4 in)
Wingspan: 55 m (180 ft 5 in)
Height: 10.15 m (33 ft 4 in)
Empty weight: 12,400 kg (27,300 lb)
Loaded weight: 34,400 kg (75,800 lb)

Performance
Maximum speed: 160 km/h on tow (100 mph)
Rate of climb: 2.5 m/s towed by three Bf 110 aircraft (490 ft/min)
Armament4 × MG 15 machine guns


Sumber: http://www.aviastar.org/ dan http://www.wikipedia.org/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes