Selasa, 03 Mei 2011

Pesawat F-16 TNI AU Amankan KTT Asean ke-18



JAKARTA - TNI-AU mengerahkan empat pesawat tempur F-16 dari Skuadron Udara 3 Iswahjudi untuk mendukung pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi ke-18 ASEAN di Jakarta, pada 4-8 Mei.

Seluruh pesawat standby di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pengamanan ruang udara Jakarta ini dipimpin langsung Komandan Skuadron 3, Letkol Pnb Ian Fuady.

Pesawat-pesawat tersebut setiap hari secara bergantian melakukan patroli udara mengamankan wilayah udara Jakarta dan sekitarnya, menjelang, saat, maupun beberapa hari sesudah pelaksanaan KTT.

Kehadiran satu pesawat pesawat tempur F-16 itu merupakan bagian dari Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Udara (Satgaspamwilud) dengan Panglima Kohanudnas sebagai Komandan Satgaspamwilud.

Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Suryo Prabowo selaku Ketua Koordinator Bidang Pengamanan/ Komandan Komando mengatakan, "Satgaspamwilud bertugas menyiagakan pesawat tempur dan helikopter serta satuan radar untuk mendeteksi sedini mungkin kemungkinan ancaman dan gangguan di wilayah udara selama pelaksanaan KTT.

Selain pengamanan udara, TNI didukung juga oleh peralatan CMOV (Communication and Monitoring Observation Vehicle) and COMOB (Communication Mobile) dan Jammer Mobile.

Alat itu berfungsi sebagai komando pengendali utama Pangkohanudnas dalam setiap operasi dan latihan yang dilaksanakan Kohanudnas.

Dalam operasionalnya, peralatan tersebut berfungsi sebagai alat memonitor data radar dan komunikasi dengan pesawat dalam latihan. Selain itu, peralatan ini juga dilengkapi dengan sarana sambungan khusus yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara Kohanudnas dengan satuan jajaran.

Sumber : TEMPOINTERAKTIF.COM

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes