Senin, 25 April 2011

Menhan Resmikan Kapal Patroli Cepat Rudal, KRI Clurit

BATAM - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro meresmikan Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Clurit yang memiliki panjang 40 meter, buatan putera-puteri Indonesia yang akan menambah armada mengamankan perairan Indonesia bagian barat.

"Dengan ini saya resmikan KRI Celurit," kata Menteri dalam upacara persemian KRI Clurit di Pelabuhan Kargo Batu Ampar Batam, Senin (25/4).

Menhan mengatakan KRI Clurit jenis kapal patroli cepat ber-rudal yang dirancang dan dibangun anak bangsa yang bekerja di PT Palindo Marine, Batam. Peluncuran KRI Clurit, kata dia, merupakan jawaban atas rasa tanggungjawab menjaga laut NKRI yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang tinggi.

Apalagi, kata dia, selain memiliki kandungan SDA yang tinggi banyak alur perairan NKRI menjadi alur perdagangan internasional. "Ini sebagai mile stone menuju kemandirian indusri pertahanan," kata Menteri.

Ia mengatakan produksi alutsista tidak akan berhenti pada KCR. Pemerintah akan terus melengkapi persenjataan TNI dengan beberapa kapal perang jenis lain. "Selanjutnya, kita akan buat kapal perusak dan kapal selam" ujarnya.



KRI Clurit-641

TNI AL, kata Menhan membutuhkan kapal yang kuat dan cepat agar mampu hadir dan mengamankan perairan di laut Indonesia yang luas. Dikesempatan yang sama Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan TNI AL saat ini baru memesan dua KCR-40, dan berencana memesan 20 kapal lagi dengan varian berbeda.

KCR-40 akan beroperasi di wilayah Indonesia bagian barat, disesuaikan dengan kondisi geografis yang dikelilingi pulau-pulau dan selat. Kapal pertama yang diproduksi PT Palindo Marine ini dinamakan KRI Clurit, karena seluruh kapal patroli cepat TNI AL mengambil filosofi senjata tradisional nusantara.

Sumber : ANTARA

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes