Kamis, 07 Januari 2010

Sukhoi Su-5 (I-107); 1944

Fungsi: Fighter
Pembuat: Sukhoi
Didesain oleh: Pavel Sukhoi
Terbang pertama kali: 6 April 1945
Status: Dibatalkan
Jumlah dibuat: 1



Sukhoi Su-5 or I-107 adalah purwarupa pesawat tempur bermesin campuran (propeller dan motorjet) yang dibuat pada akhir PD II.

Pengembangan yang dilakukan di TsIAM (Institut Mesin Aero Pusat) oleh K V Kholshchevnikov yang disebut sebagai "accelerator", atau VRDK (Vozdushno-reaktivny dvigatyel kompressorny, atau Kompresor Mesin Reaksi-Udara), sebagai jawaban permintaan pengembangan pesawat tempur kursi tunggal bermesin campuran untuk mengatasi potensi ancaman dari pesawat tempur bermesin jet buatan Jerman. Kedua biro baik MiG maupun Sukhoi diperintahkan untuk membuat pesawat jenis ini, dan yang pertama dikembangkan adalah MiG-13 alias I-250(N) dan kemudian Su-5 alias I-107. VRDK menghasilkan tenaga dorong 300kg hingga 10 menit di altitude tinggi untuk meningkatkan kekuatan yang dimiliki oleh mesin berpendingin-cairan tipe-Vee 12 silinder Klimov M-107A (VK-107A) yang menghasilkan 1,650hp untuk lepas landas.

Su-5 merupakan monoplane kursi tunggal dengan kulit logam dan badan pesawat monocoque. Dia mempunyai sebuah kanon terpasang-di-mesin 23mm dan dua senapan mesin 12.7mm. Pesawat ini terbang pertama kali pada April 1945, dan purwarupanya tidak lama kemudian dipasangin dengan sayap baru bertipe “laminar-flow” yang dikembangkan oleh TsAGI, dan dalam sebuah tes penerbangan, pesawat ini mencapai kecepatan 793km/jam pada ketinggian 4350m, lebih cepat 25km/jam dari perhitungan teoritis. Efek penggunaan VRDK menghasilkan kecepatan 90km/jam pada ketinggian rendah dan meningkat hingga 110km/jam pada ketinggian 7800m, sementara kecepatan maksimal yang diharapkan adalah 810km/jam.

Pada awal Juni 1945, sebelum kecepatan maksimal yang dimaksud tercapai, mesin M-170A mengalami kerusakan hebat dan tidak dapat diperbaiki, sehinga program Su-5 diabaikan dan akhirnya dibatalkan.






Spesifikasi (Su-5)

Karakteristik Umum:
•Awak: 1
•Panjang: 8.51 m (27 ft 11 in)
•Bentang sayap: 10.56 m (34 ft 8 in)
•Tinggi: 3.53 m (11 ft 7 in)
•Luas Area Sayap: 17 m² (183 ft²)
•Berat Kosong: 2,954 kg (6,510 lb)
•Berat dengan muatan: 3,804 kg (8,390 lb)
•Mesin:
o1× VDRK motorjet, 2.9 kN (660 lbf)
o1× Klimov VK-107A liquid-cooled V12 engine, 1,230 kW (1,650 hp)

Performa:
•Kecepatan Maksimal: 810 km/jam (437 kn, 503 mph) diharapkan pada ketinggian 7,800 m (25,590 ft)
•Jarak Operasional: 600 km (325 nmi, 375 mi)
•Tinggi Operasional Maksimum: 12,000 m (39,370 ft)
•Kecepatan naik: 5.7 min to 5,000 m (16,405 ft)

Persenjataan:
•1 × kanon Nudelman-Suranov NS-23 23 mm (0.91 in)
•2 × senapan mesin Berezin UB 12.7 mm (0.50 in)


Sumber: www.aviastar.org; wikipedia.org
Foto: www.aviastar.org

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes