Selasa, 29 Desember 2009

USS Appalachian (AGC-1)

Designation: USS Appalachian (AGC-1)
Classification Type: Amphibious Force Flagship
Ship Class: Appalachian-class
Country of Origin: United States
Number in Class: 4
Operators: the United States of America




Appalachian adalah sebuah kapal support amfibi yang beroperasu untuk AL AS selama WW II. Dia telah digunakan dalam operasi pendaratan yang intens di seluruh daerah konflik untuk mendukung operasi unit Marinir AS. Supportnya di berbagai operasi merupajan vita dalam proses yang dibuat oleh AL AS dalam Perang Pasifik. Appalachian merupakan kapal pemimpin (lead ship) dari kapal kelas Appalachian yang terdiri dari tiga kapal lain, yaitu USS blue Ridge, USS Rocky Mount dan the USS Catoctin.

Dengan mesin turbin poros tunggal, Appalachian dapat mencapai kecepatan 16 knots ketika berlayar dengan 368 awak. Kapal ini mempunyai bobot mati mendekati 14.000 ton. Persenjataannya terdiri dari dua meriam utama 5”, 8 kanon 40 mm dan 14 kanon 20mm. Ciri khasnya didominasi oleh superstuctur di bagian tengah kapal dan tiang kembar di bagian depan dan belakang. Sebuah cerobong asap tunggal dan berbagai alat komunikasi berada di bagian atas superstructurnya.

USS Appalachian mulai beraksi saat pertama kalinya ikut ambil bagian dalam invasi ke Atol Kwajalein di Pulau Marshall dan kemudian beroperasi kepulauan Guadalcanal dan Solomon. Kapal ini juga terlibat dalam bombaredemen Guam dengan meriam 5”-nya dalam dukungan untuk pendaratan Marinir AS di sana. Dia kemudian mendukung kapal lain dalam pendaratan di Leyte, Filipina dan selanjutnya (awal 1945) di Luzon. Ketika kembali dari operasi penyerangan/invasi dia diserang oleh beberapa pesawat Jepang, tetapi berhasil menghindar dan mencegah dari kerusakan kritis. Selain sebagai bagian operasi pendukung untuk armada dan operasi pendaratan AS, kapal ini juga digunakan sebagai tempat pelatihan bagi para pelaut baru. Dia berhenti dari karis WW II di dekat Manila, Filipina pada 1945 ketika konflik berakhir.

USS Appalachian mulai dibuat pada 1942, dengan konstruksi yang dipegang oleh Federal Shipbuilding & Drydock Company (Kearney, New Jersey), dan diluncurkan pada tahun berikutnya. Dia mulai dioperasikan secara resmi pada 1943 dan dipensiunkan pada 1947. Namanya dicoret dari AL AS pada 1960 dan sisa-sisa kapalnya dijual sebagai rongsokan. USS Appalachian dan awaknya medapatkan 4 Battle Stars untuk jasanya selama WW II.


Specifications for the USS Appalachian (AGC-1)

Dimensions:
Length: 459ft (139.90m)
Beam: 63ft (19.20m)
Draught: 24ft (7.32m)

Performance:
Surface Speed: 17kts (20mph)
Range: 3,454miles (5,559km)

Structure:
Complement: 368
Suface Displacement: 13,910tons

Power:
Engine(s): 1 x Shaft Turbine engine

Air Arm:
none.

Armament Suite:
2 x 5" main guns
8 x 40mm cannons
14 x 20mm cannons

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes