Minggu, 27 Desember 2009

IAI / TRW RQ-5 Hunter

Hunter adalah UAV besar yang diperkenalkan pertama kali pada 1996 dengan jumlah terbatas dengan angkatan bersenjata AS. UAV ini menunjukkan performa yang luar biasa dalam Operasi Sekutu di Kosovo di mana penggambaran lingkungan dan komunikasi secara real time miliknya memberikan peran yang vital. UAV ini didesain oleh Israel dipergunakan oleh militer AS, Belgia dan Perancis.




Desain Hunter mempunyai sebuah aransemen “twin-boom” unik dan ujung yang lurus membuatnya mirip dengan pesawat observasi dua-awak di era Vietnam Rockwell OV-10 Bronco yang dibuat pada beberapa dekade sebelumnya. Desain unik lainnya adalah penggunaan mesin kembar, satu di pasang di bagian depan dan yang satu di belakang bodi pesawat yang beroperasi dalam lingkungan “push-pull”, mengingatkan pada desain pesawat yang gagal pada era PD II. Desain sayapnya monoplane lurus dan terpasang pada bagian belakang-tengah bodi pesawat.”Twin-boom” berhubungan di bagian belakang dengan sebuah plane horizontal dan mempunyai sirip ekor vertikal kembar. Bagian bawah pesawat (undercarriage) terpasang secara statis.

Hunter lahir karena kebutuhan angkatan bersenjata AS dalam program UAV gabungan pada akhir 1980an. TRW dan Israeli Air Industries ditunjuk untuk pembuatan desain dan produksi dalam jumlah terbatas untuk pengembangan operasional yang dimulai dengan 7 UAV. Seperti halnya UAV sebelumnya, Hunter awalnya diperkenalkan sebagai UAV observasi dan pengintaian yang menghasilkan penggambaran lingkungan secara real-time, pencarian target, penyesuaian artileri, dan survey area pada medan perang modern. Tetapi kemudaian dikembangkan untuk misi yang lebih ofensif.

Hunter yang relatif berukuran kecil dan dibuat dengan compang-camping dapat beroperasi pada permukaan aspal atau semi-aspal. Rocket assistance (RATO) dapat dipakai untuk kemampuan short take-off and landing jika dibutuhkan. Tenaga standarnya dihasilkan dari mesin kembar Moto-Guzzi bertenaga 60 hp. Pendaratan juga dapat dilakukan dengan kabel-penangkap. Fitur yang dimiliki oleh Hunter termasuk sebuah GPS, FLIR inframerah menghadap-depan, pelacak laser, komunikasi UHF/VHF dan countermeasures elektronik. Operasi UAV ini dilakukan dengan GCS-3000 Ground Control Station (GCS) yang berada di daratan, dioperasikan oleh dua operator, satu untuk mengontrol penerbangan dan yang lain mengontrol fungsi sistem lain (payload system). Sebuah Remote Video Terminal (RVT) dapat beroperasi secara independen dari GCS atau pun melalui sebuah direct link up.

Hunter “yang diperbesar” didesain agar menghasilkan ketinggian lebih, enduransi lebih dari konsep Hunter awal. Hunter versi ini dapat terbang hingga 20.000 kaki, mempunyai bentang sayap yang dua kali lebih lebar, dan jaraknya yang bertambah. B-Hunter mempunyai sistem pendaratan otomatis. B-Hunter dioperasikan oleh Belgia yang membeli 6 unit beserta 2 GCS-nya pada 1998.

Hunter telah dioperasikan pada krisis Macedonia/Kosovo, di mana satu di antaranya hilang karena tertembak musuh. Walaupun diproduksi dalam jumlah terbatas, Hunter dipergunakan oleh AS di perbatasan bagian selatan dengan Meksiko pada 2004.

Specifications: IAI / TRW RQ-5A Hunter

Dimensions:
Length: 22.31ft (6.80m)
Width: 28.87ft (8.80m)
Height: 5.58ft (1.70m)

Performance:
Max Speed: 127mph (204kmh; 110kts)
Max Range: 162miles (260km)
Climb Rate: Not Available
Ceiling: 15,000ft (4,572m; 2.8miles)

Structure:
Crew: 2
Hardpoints: 0
Empty Weight: 0lbs (0kg)
MTOW: 1,603lbs (727kg)

Power:
Engine(s): 2 x Moto-Guzzi 4 stroke, 2-cylinder pusher-puller gasoline engines of 64hp each.

Weapons Suite:
Payload of up 200lbs consisting of observation, communications and countermeasures equipment.
1 x GBU-44/B "Viper Strike" munition (MQ-5A/B)

Operators:
France, Belgium, Philippines and the United States of America.

Variants:
Hunter - Original UAV Design
Extended Hunter - increased sized and capabilities over original Hunter design.
RQ-5A - US Military UAV Designation
B-Hunter - Belgium Hunter UAV produced by IAI; incorporated automatic landing and take-off (ATLND) system.
MQ-5A/B - Armed Version with Northrop Grumman GBU-44/B "Viper Strike" munition.





Diterjemahkan secara bebas dari: www.fas.org dan www.militaryfactory.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes