Jumat, 25 Desember 2009

Antonov An-10


Role: Airliner
Manufacturer: Antonov
Designed by: Oleg Antonov
First flight: 1957
Introduced: 1959[1]
Retired: 1972
Primary user: Aeroflot
Number built: 108
Variants: Antonov An-12




Antonov An-10 Ukraine (Russian: Антонов Ан-10 Украина) adalah pesawat transport penumpang bermesin empat turboprop. Pesawat ini terbang pertama kali pada 1957 dan 108 pesawat telah dibuat. Pesawat ini dikembangkan bersamaan dengan versi kargonya Antonov An-12 (lebih dari 1.200 dibuat). Pesawat ini dapat dioperasikan pada landasan yang tidak dipersiapkan.

Setelah sebuah kecelakaan karena kekurangan dalam manuverabilitas, sirip stabilizer dibuang dan pesawat ini diberi kode baru An-10A. Kapasitas penumpangna ditingkatkan menjadi 110.

Pesawat ini dihentikan operasinya pada 1972 setelah sebuah kecelakaan yang menunjukkan kelemahan struktur pada bagian sayap. Pada saat yang sama, Antonov An-12 (yang memakai 90 persen komponen An-10) terlihat lebih kuat dan tetap beroperasi di beberapa negara. Setelah penghentian operasi ini, An-10 pada awalnya diganti oleh Ilyushin Il-18 dan Antonov An-24 , dan kemudian oleh Tupolev Tu-134.



Specifications (An-10A)

General characteristics
•Crew: 3
•Capacity: 100 passengers
•Length: 37 m (121 ft 4 in)
•Wingspan: 38 m (124 ft 8 in)
•Height: 9.38 m (30 ft 9 in)
•Wing area: 121.73 m² (1310.33 ft²)
•Empty weight: 30,500 kg (67,241 lb)
•Gross weight: 55,100 kg (121,475 lb)
•Powerplant: 4 × Ivchenko AI-20 turboprop, 2980 kW (3996 hp) each

Performance
•Maximum speed: 680 km/h (423 mph)
•Range: 4075 km (2532 miles)
•Service ceiling: 12000 m (39,370 ft)


Diterjemahkan secara bebas dari: www.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes